Perluas Dukungan kepada Ganjar, Sukarelawan OMG Gelar Pengecekan Kesehatan Gratis di Sumbar

TOPIKINI, PADANG – Sukarelawan Orang Muda Ganjar (OMG) terus memperluas jangkauan wilayah. Kini, mereka hadir di wilayah Sumatera Barat (Sumbar).

Dalam kehadiran kali ini, mereka langsung memberikan manfaat berupa pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat di Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat, pada Minggu (4/6/2023).

“OMG hari ini mengadakan kegiatan cek kesehatan gratis untuk masyarakat, terutama kelompok nelayan di Kota Padang,” ujar Koordinator Wilayah (Korwil) OMG Sumbar Muhammad Fajri.

Menurut Fajri, ada kekurangan dalam upaya perawatan kesehatan di lingkungan nelayan. Karena itu, pihaknya hadir di wilayah tersebut. Dalam menggelar kegiatan ini, OMG terinspirasi dari sosok bakal calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo.

“Kami juga mendorong ini agar sesuai dengan spirit Pak Ganjar bagaimana membangun Indonesia sehat melalui nelayan. Itu menjadi latarbelakang kami untuk mengadakan cek kesehatan di Sumbar,” ungkapnya.

Fajri berharap adanya pengecekan kesehatan tersebut bisa memberikan kesadaran dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan.

“Tak bisa dimungkiri, nelayan salah satu penopang ekonomi Indonesia. Jadi, kami berusaha mengedukasi masyarakat dan berusaha hadir di tengah mereka untuk meningkatkan kesehatan,” kata Fajri.

Sukarelawan yang diisi oleh para pemuda tersebut sekaligus mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai presiden Indonesia pada 2024-2029.

“Fokus kami juga mendorong dan mendukung Pak Ganjar Pranowo sebagai presiden melalui deklarasi OMG di Sumbar,” ujar pria berusia 24 tahun tersebut.

Menurut Fajri, generasi muda di Kota Padang ingin Gubernur Jawa Tengah tersebut memimpin Indonesia agar lebih maju dan baik lagi.

“Kami sebagai generasi muda Sumbar ingin mendorong Pak Ganjar yang kami rasa dan kami anggap mampu memimpin Indonesia lebih maju, lebih baik lagi. Itu menjadi dasar bagi kami untuk mendukung Pak Ganjar,” jelasnya.

OMG juga berkomitmen terus memberdayakan para pemuda dan milenial di Sumbar agar lebih kreatif dan mandiri dengan program-program yang akan dijalankan

“Harapan kami, masyarakat sumbar bisa merasakan OMG secara nyata. Kami hadir dan berikan hal baik dan menampung aspirasi saran serta masukan. Masyarakat diharapkan juga bisa melihat dan menilai sosok Ganjar yang memang didukung penuh oleh kalangan pemuda,” ungkapnya.

Setelah deklarasi ini, OMG berencana menyambangi petani di Pasaman Barat untuk mendukung pertanian.

“Selanjutnya, kami akan keliling ke Pasaman Barat. Kami akan memberikan bibit sawit dan kecambah sekaligus sosialisasi untuk petani,” ucapnya.

Sementara itu, peserta deklarasi dan pengecekan kesehatan gratis Sandy Yulianda mengatakan kegiatan yang digelar OMG ini sangat bermanfaat dan disambut antusiasme ratusan masyarakat Kota Padang. Menurut pria berusia 22 tahun ini, ada pengecekan gula darah, kolesterol, dan tensi.

“Ini sangat menguntungkan bagi masyarakat di sini karena ada pengecekan kesehatan gratis dengan tiga parameter, yaitu pengecekan tensi, gula darah, dan kolesterol,” kata mahasiswa Stikes Indonesia tersebut.

Sandy menuturkan bahwa banyak anak muda dan orang tua yang membutuhkan pengecekan kesehatan itu. “Banyak juga pemuda yang kreatif dan para orang tua yang butuh support dari OMG,” katanya.

Menurut Sandy, para pemuda di Sumbar telah mengetahui kinerja Ganjar Pranowo di Jateng.

“Kami sudah melihat Pak Ganjar sebagai gubernur Jateng. Kelihatan sekali beliau berinteraksi dengan masyarakat seperti apa. Orangnya memang antusiasnya ke masyarakat tinggi sekali,” ucapnya.

Sandy dan masyarakat Kota Padang bersyukur atas kedatangan Sukarelawan OMG yang memberikan kontribusi nyata di daerah mereka.

“Masyarakat di sini sangat berterima kasih atas acara yang telah diselenggarakan kawan-kawan OMG ini. Ke depannya kebutuhan yang sangat diperlukan nelayan seperti jaring dapat dipenuhi,” harapnya.

#OrangMudaGanjar #DeklarasiDanPengecekanKesehatanGratis #SukarelawanGanjarPranowo #GanjarPranowo