KPU kota Padang Sukses Luncurkan Tahapan Pilkada Serentak 2024

44

TOPIKINI, PADANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Padang, Senin (10/06/2024) malam, menggelar acara Peluncuran Tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang tahun 2024 di hotel Truntum Padang. Acara tersebut, suskses menarik perhatian tamu undangan dan masyarakat yang menyaksikannya.

Acara diawali dengan tari pasambahan, tradisi di setiap perhelatan untuk menyambut tamu kehormatan. Selanjutnya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya disertai jinggel pilkada serentak Sumatera Barat.

Ketua KPU kota Padang, Dorri Putra dalam sambutannya menghitung mundur Waktu pelaksanaan pilkada serentak tanggal 27 November 2024, dengan patokan saat acara peluncuran ini diselenggerakan.

“Pemilihan walikota dan wakil walikota Padang 2024 tinggal 171 hari lagi, masa kampanye 108 hari lagi, sedangkan Waktu penetapan pasangan calon tinggal 104 hari lagi. Kami sudah menetapkan 312 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk tingkat kelurahan dan Pemko Padang sudah membantu dengan tiga orang tenaga sekretariat disetiap keluarahan. Dan kedepan, tanggal 13 Juni 2024 ini, kita akan merekrut tenaga Pantarlih, petugas pemutakhiran data pemilih sebanyak 2.548 orang, yang nanti akan mencoklit, melakukan pencocokan penelitian data pemilih. Dengan kata lain, kita memohon bantaun kepada bapak ibu memberitahukan kepada masyarakat, bagi yang berminat menjadi keluarga KPU kota Padang, silahkan menghubungi PPS di kelurahan masing-masing” ucap Dorri.

Penjabat Walikota Padang Andree Algamar, ikut memberikan sambutan dan arahannya kepada seluruh jajaran pemerintahan kota Padang dari Camat hingga Lurah, agar bersinergi dan membantu fasilitasi jajaran KPU melaksanakn tugasnya menyelenggarakan Pilkada serentak tahun 2024.

“Dalam kesempatan ini saya memerintahkan untuk pak camat dan pak lurah, agar memberikan perhatian dan dukungan terkait penyedian fasilitas berupa penugasan personil, menyediakan ruangan serta netralitas ASN, saya tidak mau dengan nanti ada laporan PPK dan PPS ruangannya tidak bisa dipakai, kertasnya kurang. Nanti kalua KPU kecewa, bapak juga saya kecewakan,” ucap Andree Algamar saat menyampaikan sambutannya.

Acara ini ditutup dengan hiburan penyanyi top Minang Rayola, yang membawakan lima lagu andalannya. Penampilan Rayola ini, menjadi hiburan tersendiri bagi petugas PPS dan PPK yang selama ini bekerja keras di tengah masyarakat menyelenggarakan tahapan Pilkada serentak tahun 2024.(art)