Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Pemalang, Dede Indra Permana; Ayo Rajut Kembali Persatuan dan Kesatuan Bangsa Pasca Pemilu!

23

TOPIKINI, PEMALANG – Pemilu telah usai, namun semangat persatuan dan kesatuan bangsa terus menjadi fokus utama di berbagai lini masyarakat. Berbeda pendapat dan pilihan pada pemilu, biasanya menjadi pemicu timbulnya perpecahan di tengah masyarakat.

Dalam rangka merajut kembali persatuan pasca pemilu, Dede Indra Permana, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, Rabu (8/5/2024) menggelar serangkaian kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan yang digagas oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di Pemalang Jawa Tengah.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan dan memperkuat nilai-nilai dasar yang menjadi landasan berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila. Sosialisasi ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat mulai dari tokoh agama, pemuda, hingga komunitas adat.

Dede Indra Permana, dalam sambutannya, menegaskan pentingnya membangun kesadaran kolektif akan pentingnya persatuan dalam keberagaman.

“Pemilu telah berlalu, saatnya kita bersama-sama memperkuat rasa persaudaraan di antara kita,” ujarnya dengan penuh semangat.

Empat pilar kebangsaan yang menjadi fokus utama dalam sosialisasi ini meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Melalui sosialisasi ini, saya mengajak kita semua untuk lebih mendalami dan mengamalkan nilai-nilai yang kandung dalam empatpila ebangsaan itu, untuk iamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” lanjut politisi PDI Perjuangan itu.

Salah seorang peserta dari kalangan pemuda, Ani, menyambut baik kegiatan ini. “Sosialisasi seperti ini penting agar kita tidak hanya merayakan keberagaman, tetapi juga memperkuat fondasi persatuan kita sebagai bangsa Indonesia,” ujarnya.

Sosialisasi empat pilar MPR/DPR RI ini diharapkan tidak hanya menjadi seremoni formal, tetapi juga momentum nyata untuk memperkuat solidaritas dan toleransi di tengah-tengah masyarakat.

Melalui pemahaman yang lebih dalam terhadap nilai-nilai kebangsaan, diharapkan Indonesia dapat terus menjaga persatuan dan kesatuan, menghadapi berbagai tantangan di masa depan.(art)