Anggota DPR RI Dede Indra Permana Sosialisasikan Penguatan Ideologi Pancasila dalam Rangka Hari Jadi Pancasila

Dede Indra Permana, Anggota DPR RI

TOPIKINI, PEKALONGAN Anggota DPR RI, Dede Indra Permana, secara aktif menginisiasi sosialisasi empat pilar kebangsaan dalam upaya memperkuat ideologi Pancasila.

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni, Dede turut berkontribusi dalam mengedukasi masyarakat Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, mengenai pentingnya memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam upaya penguatan ideologi Pancasila, Anggota Komisi III DPR RI itu mengajak masyarakat Kabupaten Pekalongan untuk mengenali dan memahami empat pilar kebangsaan yang diakui oleh MPR RI yaitu Pancasila, UUD NRI 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

Sosialisasi ini dilakukan Kamis (1/6/2023) melalui diskusi publik yang melibatkan sekitar 150 masyarakat dan Koncone Dede kabupaten Pekalongan.

“Ideologi Pancasila menjadi landasan yang kuat bagi kita dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila mengajarkan tentang pentingnya keragaman, toleransi, dan keadilan dalam masyarakat. Dengan memahami dan mengimplementasikan empat pilar kebangsaan, masyarakat diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang harmonis dan sejahtera,” urai Dede saat penyampaian materi.

Selain itu, Dede juga mengajak masyarakat Kabupaten Pekalongan untuk mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai hal termasuk dalam pendidikan.

“Melalui pendidikan yang berkualitas dan berlandaskan Pancasila, generasi muda dapat tumbuh dan berkembang menjadi pemimpin masa depan yang bertanggung jawab, beretika, dan mencintai bangsa dan Negara,” lanjut tokoh muda Pekalongan itu.

Sosialisasi empat pilar kebangsaan ini mendapat sambutan positif dari masyarakat Kabupaten Pekalongan. Mereka berharap sosialisasi ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan untuk menjaga kesadaran dan kepedulian terhadap nilai-nilai kebangsaan di tengah tantangan zaman yang terus berkembang.

“Dengan kesadaran dan pemahaman yang kuat tentang nilai-nilai Pancasila, bangsa Indonesia akan terus bangkit bersama dalam membangun peradaban yang berkeadilan, harmonis, dan maju,” tutp politisi PDI Perjuangan itu.(art)