Bonar Harahap Terima Mandat dari DPP HMTI

76
Bonar Harahap

TOPIKINI, PADANG – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Masyarakat Tabagsel Indonesia (HMTI) memberikan mandat kepada Bonar Harahap untuk membentuk kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Cabang HMTI di Sumatra Barat. Dia berharap dan akan mengakomodir warga Tabagsel di Sumatra Barat untuk menerima kehadiran HMTI.

“Sesuai dengan visi perhimpunan ini, HMTI sebagai mitra independen terpercaya dalam mewujudkan kehidupan masyarakat Tabagsel yang religius, nasionalis dan beradat “Dalihan Na Tolu” menuju masyarakat Indonesia yang adil dan makmur,” ujar Bonar Harahap, di Kota Padang, Sumbar, Selasa (25/7/2023).

Mandat menyusun kepengurusan HMTI di Sumatra Barat ini, ditandatangani Ketua Umum DPP HMTI Sobirin Harahap, di Kota Medan , Sumatra Utara, tanggal 25 Juli 2023. “Mandat ini diberikan tenggang waktu satu tahun untuk menuntaskan kepengurusan HMTI di Provinsi dan cabang-cabang,” ujar Bonar Harahap.

Bonar Harahap optimis, kepengurusan Himpunan Masyarakat Tabagsel Indonesia (HMTI) di Sumbar segera tuntas. Sehingga visi dan misi dari HMTI segera berjalan dan bermanfaat bagi masyarakat Tabagsel di Sumbar.

Pengurus dan seluruh anggota HTMI, kata Bonar Harahap, untuk memperjuangkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, nilai-nilai budaya dan adat, serta kearifan lokal Tabagsel. Kemudian, mempererat silaturahmi antar masyarakat Tabagsel.

“Kemudian mengambil bagian dalam hal percepatan pembangunan dengan memberikan masukan kepada Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota yang ada di eks Tapanuli Bagian Selatan,” ujarnya.

Kekuatan HMTI kedepan nantinya, mendorong percepatan peningkatan ekonomi masyarakat Tabagsel melalui pembangunan berbagai sentra dan jenis usaha dalam bentuk Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan Perikanan, Nelayan, Pertambangan, Jasa, Serta yang lainnya.

Dia berharap, keberadaan warga Tabagsel di Sumatra Barat sangat banyak. Hal ini bisa mendukung kehadiran HMTI, karena untuk kemajuan bersama. “Sejauh ini, respon masyarakat Tabagsel di Sumbar sangat tinggi,” katannya.(Rel)