Dorri Putra: PPS Perpanjangan Tangan KPU kota Padang di Kelurahan

169

TOPIKINI, PADANG – Sebanyak 312 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se kota Padang, Minggu (26/05/2024), dilantik di aula Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang.

Pelantikan dilakukan oleh ketua KPU kota Padang, Dorri Putra dan di fasilitasi sekretariat KPU kota Padang.

Pengambilan sumpah janji dan jabatan anggota PPS, berlangsung khidmat, dan dihadiri sejumlah anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah kota Padang.

“Bapak ibu menjadi perpanjangan tangan kami di kelurahan melaksanakan pemilihan kepala daerah 2024. Tugas bapak ibu dalam waktu dekat adalah membentuk Pantarlih atau Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih. Tugas ini sangat penting untuk memastikan hak pilih masyarakat bisa terakomodir,” kata Dorri Putra saat memberikan pengarahan.

Dorri menambahkan bahwa tugas dan pekerjaan PPS sangat penting, karena jika salah dalam menjalankan tugas, berdampak pada sukses atau tidaknya Pilkada serentak 2024.

Sebelumnya KPU kota Padang, juga sudah melantik anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada tanggal 13 Mei 2024 lalu.

“KPU ini bersifat hirarkis, artinya bapak ibu yang menjadi perpanjangan tangan kami di kelurahan, juga mesti mengikuti arahan dari anggota PPK yang menjadi perpanjangan tangan kami di Kecamatan. Apa yang menjadi pengarahan PPK, juga merupakan arahan dari kami di KPU kota Padang,” lanjutnya.

Mantan ketua Bawaslu kota Padang itu juga berpesan agar anggota PPS yang sudah dilantik, menjaga integritas serta menjaga netralitas dalam menjalankan tugas, sehingga sampai selesai tugas selama 8 bulan tak ada persoalan hukum yang menjerat anggota PPS.(Art)