Persatuan Minangkabau Babel Amunisi Perkuat Nasionalisme

110

TOPIKINI.COM – Kepala Badan Kesbangpol Bangka-Belitung (Babel) Tarmin AB mengemukakan keberadaan paguyuban Minangkabau di Kepulauan Babel menjadi amunisi guna memperkuat nasionalisme di Bumi Serumpun Sebalai.

“Keberadaan sebanyak 21 suku atau paguyuban yang hidup berdampingan di Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung, termasuk Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM),” ujar Tarmin saat beraudiensi dengan jajaran pengurus Dewan Pimpinan Wilayah(DPW) IKM Babel di ruang kerja Kepala Badang Kesbangpol Babel, Pangkalpinang, Selasa (3/4).

Kepala badan beserta sejumlah stafnya menyambut kunjungan jajaran pengurus DPW IKM Kepulauan Babel dipimpin oleh Yulizarman dan Sekretaris, Yos Hendri dan humasnya, Emil Mahmud.

Tarmin mencontohkan beberapa negara besar berubah terpecah menjadi negara-negara kecil seperti di Arab serta Uni Soviet lalu terlibat perang antar mereka yang semula bersatu.

“Oleh karena itu sepatutnya kita belajar dari pengalaman sejumlah negara yang dicontohkan. Mengingat perkara mudah untuk memecah belah tersebut, melainkan untuk menjaga keutuhan dan nasionalisme perlu upaya terus menerus agar tak dilupakan oleh setiap generasi,”papar Tarmin.

Yulizarman mengemukakan IKM di Babel merupakan bagian dari induk kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IKM yang masih melakukan pembentukan kepengurusan seperti di Kepulauan Babel.

Sejauh ini lanjutnya kepengurusan DPW IKM tingkat provinsi di Indonesia mencapai 20 lebih provinsi yang telah terbentuk, termasuk DPW IKM Babel.

“Sesuai Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) serta pedoman yang dipegang oleh warga IKM yakni memahami perihal; Adat Basandi Syara’, Syara Basandi Kitabullah,” papar Yulizarman.

Dalam pertemuan yang berlangsung akrab sekitar hampir satu jam, serta penuh kekeluargaan dilengkapi juga sesi foto bersama.(Atkomah)

Loading...