Cara Unik Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadhan, Komunitas Motor Pamer’s Ke Panti Asuhan

125

TOPIKINI, PADANG – Banyak cara dilakukan untuk beramal di bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah ini, terutama dalam membantu sesama seperti anak yatim dan fakir miskin.

Hal berbeda dilakukan sebuah komunitas sepeda motor di Padang, Sumatera Barat, Minggu (9/4/2023). Hal berbeda dilakukan komunitas motor bernama Pamer’s Padang.

Pamer’s Padang ini memboyong sedikitnya 50 orang anak panti asuhan Ashabil Rayyan, yang beralamat di Jl. Mekah, Gang Sari Karya, RT 03/RW 06, Kelurahan Koto Panjang, Ikur Koto, Kecamatan Kototangah, Kota Padang.

Para anak-anak panti yang berusia dari 5 hingga 15 tahun diberi pengalaman yang berbeda. Mereka diboncengi sepeda motor dan berkeliling Kota Padang sembari ‘ngabuburit’ menikmati suasana sore usai melaksanakan sholat Ashar berjamaah di Masjid Raya Sumbar.

Usai berkeliling dengan motor, rombongan membawa anak-anak tersebut menuju wahana permainan anak di salah satu Mall di Jalan Khatib Sulaiman Padang.

Di lokasi tersebut, masing masing
mereka didampingi seorang personil komunitas motor yang didaulat sebagai ‘ayah angkat’ mereka. Anak-anak diberi kesempatan untuk memilih wahana permainan yang mereka sukai.

Wajah para bocah ini pun terlihat sangat girang saat mereka mulai menjajal permainan yang ada. Terlihat sekali kebahagiaan di raut polos mereka.

Bahkan, beberapa personil Pamer’s tanpa sadar meneteskan air mata saat  melihat keceriaan para anak-anak panti tersebut.

“Hari ini benar-benar sangat membuat saya terharu, terasa bagi saya bagaimana kebahagiaan mereka meski sudah tidak memiliki orang tua lagi. Namun hari ini kami yang menggantikan (orang tua) meski hanya bisa satu hari ini saja,” ujar Haryadi penuh haru.

Sedari awal memang Haryadi didaulat untuk menjadi ayah angkat salah satu peserta selama mengikuti kegiatan yang diberi nama Ramadhan Charity VI tahun 2023.

“Melihat mereka bermain, terasa juga bagi saya bagaimana mereka tumbuh dari anak-anak hingga dewasa nanti tanpa didampingi orangtua, dan saat inilah kesempatan bagi kita untuk membagi kebahagiaan,” tambah Adi lagi sembari terus menggendong salah satu bocah panti asuhan yang berusia 5 tahun.

“Ayah main itu kita lagi,” ujar Kevin (5), yang menarik tangan Adi. Memang, para personil Pamer’s ini tidak membolehkan para anak panti memanggil mereka dengan panggilan bapak, tapi diminta untuk memanggil ayah agar kedekatan bathin mereka makin terasa dan si anak juga merasakan kehadiran seorang bapak bagi mereka selama acara berlangsung.

Usai puas mencoba berbagai wahana selama satu setengah jam, anak-anak ini kembali dibawa naik motor bersama ayah angkat mereka masing-masing. Perjalanan dilanjutkan menuju tempat berbuka puasa di pusat kegiatan Jalan Damar Padang.

Mengawali acara berbuka puasa, mereka diberi Tausiyah oleh Ustad Fadlan yang juga personil dari komunitas motor Pamer’s Padang. Berselang 30 menit, bedug magrib berbunyi menandai masuknya waktu berbuka puasa. Para anak-anak panti pun disuguhkan menu berbuka puasa. Selanjutnya dilakukan Sholat Magrib berjamaah.

Kebahagiaan seolah tak terhenti terhadap anak anak panti asuhan ini. Usah sholat magrib berjamaah dan makan malam, mereka langsung menerima berbagai santunan dari sejumlah donatur seperti uang belanja dan bingkisan untuk berlebaran nanti.

Bahkan, terlihat para ‘ayah angkat’ anak-anak tersebut, juga tak mau ketinggalan menambah uang belanja mereka.

“Ini adalah rangkaian kegiatan Ramadhan Charity kita untuk tahun 2023, ini dari tahun ke tahun kita gelar dan sudah menjadi agenda wajib bagi kami dalam bulan penuh rahmat ini,” ujar Riki Prawira Negara selaku Ketua Umum Pamer’s.

Inti dari acara ini selain memeriahkan Ramadhan, juga merupakan kesempatan bagi anggota komunitas untuk saling berbagi dan memperbanyak amalan di bulan puasa, tambah Riki.

Memang ini tergolong unik karena acara diisi dengan ‘Rolling City’ sambal memboncengi anak-anak panti asuhan. Ditambah lagi membawa mereka ke wahana permainan anak-anak di Mall.

“Saya senang sekali dan sangat terharu ketika melihat anak-anak dibawa boncengan dengan motor keliling kota, bahkan ini pengalaman pertama mereka selamai berada di panti,” sambut Rizki selaku pengasuh Panti Asuhan Assabil Rayyan yang turut mendampingi anak-anak panti hingga acara selesai.

Katanya, selain baru kali ini naik motor keliling kota, dapat bermain di wahana permainan anak di mall tadi juga pertama bagi mereka dan mereka sangat bahagia sekali sampai saya nangis lihatnya,” kata Rizki lagi. Riski mengaku jika cara berbagi yang dilakukan komunitas motor ini baru pertama kali dia rasakan terhadap anak-anak asuhannya.

“Terimakasih buat para anggota komunitas motor ini yang telah membagikan kebahagiaan buat anak-anak kita semoga kegiatan ini terus berlanjut setiap bulan Ramadhan, selain itu kita doakan reski para donatur dalam acara ini juga bertambah,” tutupnya. (Yud)