Dede Permana: Bentuk Karakter Nilai Luhur Bangsa dengan 4 Pilar Kebangsaan

33

TOPIKINI – Dede Indra Permana, anggota MPR RI mendorong implementasi 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika untuk terus digelorakan.

Ia berharap, masyarakat dapat memahami dan menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dianggap menjadi cara strategis dalam upaya pembentukan karakter bangsa.

“Empat pilar ini menjadi cara strategis dalam character building mulai dari tokoh masyarakat hingga generasi muda,” katanya dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Hotel Dafam Pekalongan Jalan Urip Sumoharjo No.53 Medono, Podosugih Kec.Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Jumat (29/11/2019).

Wakil rakyat dari Dapil Jateng X itu yakin jika nilai-nilai tersebut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, efeknya akan luar biasa.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI mempunyai beberapa tujuan. Diantaranya, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, dan Ketetapan MPR.

“Selain itu, untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar tersebut,” katanya.

Sosialisasi 4 Pilar MPR RI tersebut dihadiri sekitar 100 orang. Selain Dede, pengamat politik I Gede Ananta juga menjadi narasumber.

Dalam acara tersebut, Dede juga menyoroti sulitnya ketersediaan air bersih di beberapa wilayah Dapil Jateng X. Termasuk di Kandangserang dan Pulosari, Pemalang.

“Saya pernah menginap dua hari di Desa Clekatakan, Pemalang dan merasakan kehidupan disana yang sehari-harinya hanya mendapat suplai air dengan menampung air hujan,” ujarnya.

Dia berjanji akan membantu mencarikan solusi atas permasalahan warga tersebut. Dede sendiri pernah memberikan bantuan 9 tangki air bersih di Kabupaten Pekalongan dan 3 tangki di Kabupaten Pemalang. (rmd)

Loading...