Dede Indra Permana Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Pekalongan, Upaya Membangun Kemandirian Bangsa dalam Perspektif NKRI dan Pancasila

34
Dede Indra Permana

TOPIKINI, KAB. PEKALONGAN – Sebagai bagian dari upaya memperkuat jati diri bangsa dan memperkokoh keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sosialisasi mengenai 4 Pilar Kebangsaan menjadi sangat penting. Dalam acara yang digelar di Kabupaten Pekalongan pada Sabtu, 16 Maret 2024, Dede Indra Permana, Anggota MPR/DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, menggugah kesadaran warga, tokoh masyarakat dan unsur pemerintahan setempat, akan pentingnya kemandirian tersebut.

Dalam sambutannya, Dede Indra Permana menekankan pentingnya memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai landasan negara dan ideologi bangsa.

“Pancasila sebagai falsafah dan dasar negara harus menjadi panduan dalam setiap langkah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ujar Dede.

Tokoh Muda Jawa Tengah itu juga menggarisbawahi 4 Pilar Kebangsaan yang merupakan landasan utama dalam membangun kemandirian bangsa, yakni Pancasila sebagai ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan kebangsaan, dan NKRI sebagai bentuk negara.

“Kemandirian bangsa tidak hanya dalam segi ekonomi, namun juga dalam mempertahankan keutuhan negara dari berbagai ancaman baik dari dalam maupun luar. Kita harus mampu menjaga persatuan dan kesatuan, serta menghargai keberagaman yang menjadi kekuatan bangsa,” paparnya.

Acara sosialisasi ini juga turut melibatkan diskusi interaktif antara pembicara dan peserta untuk saling bertukar pendapat dan pengalaman. Para peserta sangat antusias dalam menyampaikan pendapat mereka serta memberikan komitmen untuk terus menjaga dan memperkokoh kemandirian bangsa dalam bingkai NKRI dan Pancasila.

Dengan semangat kebersamaan dan kesadaran akan pentingnya memperkokoh kemandirian bangsa, acara sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini ditutup dengan harapan agar nilai-nilai yang telah dipahami dapat diimplementasikan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari demi mewujudkan Indonesia yang lebih maju, berdaulat, adil, dan makmur.

“Semoga pesan-pesan kebangsaan ini dapat terus menginspirasi dan menggerakkan seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama membangun kemandirian bangsa dalam perspektif NKRI dan Pancasila,” tuntas Dede. (art)