Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Pemalang, Dede Indra Permana Serukan Warga Jaga Persatuan usai Pemilu

60

TOPIKINI, KAB. PEMALANG – Pasca-pelaksanaan Pemilu yang berlangsung di seluruh negeri, momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa menjadi semakin penting. Hal ini menjadi fokus utama dalam acara sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang diselenggarakan pada Sabtu, 16 Maret 2024, di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Dalam acara tersebut, Dede Indra Permana, Anggota MPR/DPR RI, menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam pidatonya, Dede menggarisbawahi betapa pentingnya 4 Pilar Kebangsaan sebagai pondasi kuat bagi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI adalah pilar-pilar yang harus kita jaga bersama. Mereka merupakan identitas bangsa yang harus senantiasa diperkokoh,” ujarnya.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan itu juga menyoroti pentingnya sikap tenggang rasa dan gotong royong dalam menjaga persatuan, terlebih pasca-Pemilu yang seringkali menjadi momen tegang.

“Sekarang, lebih dari sebelumnya, kita perlu menunjukkan sikap kedewasaan dalam menerima hasil Pemilu. Mari kita hormati proses demokrasi dan membangun bangsa ini bersama-sama, tanpa terpecah belah oleh perbedaan pandangan politik,” tambahnya.

Acara tersebut juga diisi dengan sesi tanya jawab antara Permana dan para peserta, di mana berbagai pertanyaan seputar kebangsaan, politik, dan demokrasi dijawab dengan lugas dan mendalam oleh Permana.

Para peserta, yang terdiri dari beragam lapisan masyarakat, sangat antusias dalam menyampaikan pandangan dan aspirasi mereka.

Kegiatan ini diakhiri dengan harapan bahwa pesan-pesan kebangsaan yang disampaikan oleh Putra Jawa Tengah itu dapat menjadi pemantik semangat bagi seluruh masyarakat Kabupaten Pemalang untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Mari kita jadikan perbedaan sebagai kekuatan, bukan pemecah belah. Persatuan dan kesatuan bangsa adalah kunci keberhasilan kita sebagai bangsa besar,” tutup Dede.

Acara sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam memperkuat jati diri bangsa, terutama di tengah dinamika politik pasca-Pemilu.

Semoga semangat kebersamaan dan kesatuan yang disampaikan dalam acara ini dapat terus menginspirasi dan menggerakkan seluruh elemen masyarakat untuk bersatu dalam membangun bangsa yang lebih baik. (art)