Hampir 1000 Kantong Darah Terkumpul di Acara Donor PDI Perjuangan kota Padang

217

TOPIKINI, PADANG – Tak kurang dari seribu orang, Minggu pagi (29/01/2023) mengantri di gedung GOR Himpunan Tjinta Teman jalan Kelenteng II no 331 Kampung Pondok kota Padang. Mereka antri untuk mendaftar ikut mendonorkan darahnya di acara Bakti Sosial Donor Darah yang digelar Dewan Pengurus Cabang PDI Perjuangan kota Padang.

“Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ketua umum kami ibu Megawati Soekarnoputri yang ke 76 tahun yang jatuh pada tanggal 23 Januari kemaren. Donor darah ini salah satu bakti sosial yang kami buat, dari beberapa rangkaian kegiatan bakti sosial lainnya,” ucap Albert Hendra Lukman, ketua DPC PDI Perjuangan kota Padang.

Sebelumnya, Senin (23/01) DPC PDI Perjuangan kota Padang juga menggelar bakti sosial pembagian paket bantuan untuk anak stunting, anak yatim dan fakir miskin. Rangkaian kegiatan bakti sosial ini, sebagai wujud kepedulian kader partai Moncong Putih kepada sesama.

“Kami dapat informasi dari PMI kota Padang, bahwa mereka sangat kekurangan stok darah, sehingga kami berinisiatif menggelar acara ini, agar warga yang membutuhkan darah, tidak lagi kesulitan mendapatkannya,
” tambah Albert.

Peserta donor mendapat bingkisan sembako dan angpau

Kegiatan donor darah ini setidaknya diikuti kurang lebih seribu orang. Bagi pendonor, PDI Perjuangan siapkan bingkisan sembako dan angpau. Karna besarnya antusias warga kota Padang mengikuti donor ini, panitia harus menambah tempat tidur untuk pengambilan darah, yang semula 20 unit ditambah menjadi 30 unit. Akibat panjangnya antrian peserta, acara ini berlangsung hingga sore hari.

Stok Darah di PMI Padang

Dr. Widyarman, ketua Palang Merah Indonesia unit transfusi darah kota Padang mengatakan, setiap hari PMI menyalurkan rata-rata 200 kantong darah memenuhi permintaan pasien di rumah sakit.

“Kita sangat kekurangan darah untuk memenuhi permintaan pasien. Dalam satu hari itu paling 20 sampai 30 orang yang datang untuk sukarela mendonorkan darahnya, sedangkan kebutuhan kita rata-rata 200 kantong,” ucap dokter Wide, sapaan akrabnya.

Dengan kegiatan donor darah yang digelar komunitas seperti yang digelar PDI Perjuangan ini, menurut dokter Wide sangat membantu PMI untuk memenuhi stok darah.

“Kami berharap acara seperti ini sering digelar, terutama hari-hari penting seperti Imlek, hari kemerdekaan dan lain-lainnya, agar kami bisa memenuhi kebutuhan darah warga kota Padang,” tutupnya.

Selain dengan PMI kota Padang, bakti sosial donor darah ini juga bekerjasama dengan organisasi sosial dan budaya Himpunan Tjinta Teman Padang.(art)