Gelar Sosialisasi MPR RI, Dede Indra Permana Ajak Warga Pemalang Merawat Kebhinekaan

92

TOPIKINI, KAB. PEMALANG – “Dengan merawat kebhinekaan, kita secara aktif menciptakan ruang bagi semua orang untuk menjadi diri mereka sendiri tanpa takut disalahpahami atau dihakimi,” ucap Dede Indra Permana, anggota Komisi III DPR RI, saat menggelar sosialisasi MPR RI di kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Rabu 5 Juli 2023.

Hal itu disampaikan Dede, dihadapan 150 orang peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat, warga setempat serta sejumlah mahasiswa.

Ditambahkan Dede, Kunci utama dalam merawat kebhinekaan adalah memiliki pemahaman yang kuat tentang perbedaan dan menghormati setiap individu.

“Ini mencakup mempelajari dan menghargai kebudayaan, tradisi, dan keyakinan orang lain tanpa mengadopsinya sebagai milik kita sendiri,” ucapnya.

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, salah satu cara merawat kebhinekaan yaitu dengan komunikasi yang terbuka dan saling mendengarkan.

“Mendengarkan dengan empati dan membuka diri terhadap pandangan orang lain membantu mengurangi prasangka,” lanjutnya.

Dalam merawat kebhinekaan kata Dede, penting untuk menghindari diskriminasi dan prasangka. Ini berarti menghentikan penghakiman berdasarkan penampilan, agama, jenis kelamin, atau asal-usul seseorang.

“Melibatkan diri dalam pengalaman dan perspektif yang berbeda membantu memerangi prasangka yang mungkin kita miliki,” imbuhnya.

Hal penting yang ditekankan Dede adalah perlunya memperkuat kesadaran diri.

“Penting untuk memiliki kesadaran diri terkait sikap, keyakinan, dan prasangka yang mungkin kita miliki. Mengenali kekurangan dan terus berupaya memperbaikinya membantu kita menjadi individu yang lebih inklusif dan toleran,” tutup Dede.(art)