Waspada Nyamuk Ganas Wajah Baru

5261

TOPIKINI – Hi Moms and Dads, kebetulan saat ini kan lagi ada wabah DB ya. Sekalian aku mau share dengan kalian tentang keadaan iparku (Istrinya adik aku). Usianya 32 tahun.

Tgl 26 Maret lalu dia mengeluh sakit kepala luar biasa kemudian badan ga enak, dilanjut dengan Demam tinggi. Karena mungkin iparku ini apoteker di perusahaan farmasi, jadi mungkin merasa bisa mengobati sendiri terlebih dahulu (obat counter seperti panadol dkk)

Baru pada hari ke 4 malamnya pergi ke dokter karena demam tidak kunjung reda. Hari ke-5 paginya cek darah dan siang keluar hasilnya kalau trombosit sudah di 21,000 (range normal 150rb-400rb). Langsung saat itu juga masuk rumah sakit tgl 30 Maret.

Tgl 31 Maret mungkin sakitnya sudah menjalar, dan tidak bisa menahan sakit akhirnya ipar meronta. Setelah diberikan obat penenang langsung lapse dan tidak bisa membuka mata lagi

Tgl 1 April dipindahkan ke kamar intermediate (dibawah ICU) dengan kondisi komplikasi demam berdarah sudah menyerang ginjal dan liver (diperparah iparku ini obesitas di BB 98 kg) serta lambung berdarah.

Seiring berjalannya waktu, kondisinya makin menurun… dan tgl 3 April masuk ke ICU. Dilakukan pengecekan sumsum tulang belakang, kata dokternya syaraf dan otot terisi cairan (aku ga tau istilah kedokterannya apa) dan sudah menyerang ke otak.

Kemudian dilakukan transfusi darah, lalu cuci darah dkk. Baru setelah tanya ke temanku disebutnya kondisi DIC (Disseminated Intravascular Coagulation)

Sampai saat ini tgl 11 April, kemarin malam dokter menyatakan sudah dalam keadaan Vegetatively State (kematian batang otak), dan apabila terjadi jantung berhenti, keluarga memutuskan untuk tidak resuscitate.

Disini aku mau share kalau DB sekarang berbahaya sekali dan penting untuk lebih waspada. Kalau demam tinggi sekali walau baru 1 hari, sekarang sudah bisa cek darah untuk mengetahui apakah DB atau tidak.

Perbedaan dari hari Selasa mengalami sakit kepala dan demam ke hari Sabtu hanya 5 hari, tapi efeknya ternyata sudah menjalar kemana mana.(Gus)

Loading...