Warga Padang Jemput Sendiri Bantuan Tunai ke Kantor Pos

Abdul Muis (Penerima Bantuan) difoto petugas pt Pos saat terima bantuan

TOPIKINI – Ratusan warga kota Padang, Sabtu siang (09/05/2020) antri mencairkan bantuan langsung tunai dari Kementerian Sosial RI.

Bantuan ini tidak diantarkan ke rumah rumah, melainkan warga sendiri yang datang ke kantor pos. Masing masing kepala keluarga, mendapatkan uang sebesar Rp 600 ribu per bulan.

Hari ini adalah hari pertama bagi warga kota Padang bisa mencairkan dana bantuan sosial tunai dampak covid-19 dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Bantuan tersebut, mesti diambil langsung oleh warga penerima bantuan, di kantor pos pusat, di jalan Bagindo Azis Chan kota Padang.

Sabtu siang, adalah jadwal untuk warga kecamatan Padang Barat yang difasilitasi bisa mencairkan bantuan.

Dengan membawa kartu keluarga dan kartu tanda penduduk, warga yang sudah terdaftar, bisa mencairkan uang tunai sebesar Rp 600 ribu untuk satu bulan.

Bantuan ini akan bergulir untuk tiga bulan yaitu April, Mai dan Juni, atau dengan total dana Rp 1.800.000 untuk satu keluarga untuk 3 bulan.

“Sangat terbantu Pak, sudah dua bulan ini tak ada kerja, hanya serabutan saja, kadang ada kadang nggak, ya syukurlah uang 600 ribu ini dicukup cukup kan saja,” kata Abdul Muis, warga penerima BLT dari Kampung Dobi kota Padang.

Dana bantuan sosial tunai dari Kementerian Sosial RI ini, tidak diantarkan oleh petugas PT Pos Indonesia kerumah-rumah, melainkan diambil langsung oleh warga ke kantor pos. Petugas PT Pos Indonesia menggilir hari pencairan berdasarkan kecamatan masing-masing.

“Bantuan Tunai dari Kemensos ini tidak diantarkan ke rumah-rumah, kalua bantuan dari pemerintah provinsi Sumatera Barat, memang diantarkan langsung ke rumah rumah warga,” ucap Sartono, kepala kantor pos Padang.

Meski petugas sudah berupaya untuk menjalankan prosedur Covid19 atau physical distancing, namun kerumunan warga tetap tak bisa dihindarkan. Pencairan hari pertama ini, akan dievaluasi untuk pencairan hari berikutnya.

“Kita sudah berupaya keras untuk selalu menjalankan protocol covid19, seperti menyediakan wastafel cuci tangan, juga menjaga jarak tempat duduk, tapi prakteknya diluar perkiraan kami. Ini nanti akan kami evaluasi agar pencairan hari senin besok bisa lebih baik,” tambah Sartono.

Untuk warga kota Padang, yang mendapatkan bantuan sosial tunai dari Kemensos RI ini berjumlah 17.303 kepala keluarga. Dalam satu hari, petugas membatasi pencairan untuk 750 orang. PT Pos menargetkan, bantuan ini akan diselesaikan tanggal 20 Mei atau setidaknya sebelum hari raya Idul Fitri.(art)

Loading...