Warga Kecamatan Tualang Nilai Sosok Bhabinkamtibmas Polsek Tualang Bripka Arya Sudarsa, Layak Diapresiasi

Siak – Memang pada masa Pandemi Covid-19 saat ini, jika diamati begitu banyak tugas serta pelayanan maksimal yang harus diperbuat oleh TNI dan Polri.

Secara khusus di wilayah kelurahan Perawang, kecamatan Tualang, Kabupaten Siak.

Mulai dari mengimbau warga gunakan masker dan terapkan Protokol Kesehatan, penyelesaian masalah masyarakat yang mungkin tidak harus sampai ke meja hukum atau biasa disebut Problem Solving, dan masih banyak hal lainnya yang tidak disebutkan atau tidak terekspos oleh media.

Peranan Polisi yang dekat dengan masyarakat terlihat dari sosok Bhabinkamtibmas Polsek Tualang Kelurahan Perawang yakni Bripka Arya Sudarsa.

Akhir-akhir ini, diantara beberapa warga Perawang kerap mendiskusikan sosok Polisi yang satu ini. Sosok si penggali makam korban terpapar virus Corona, yakni Bripka Arya Sudarsa.

Penilaian dari mayoritas warga di Kelurahan Perawang menyatakan sosok Bripka Arya Sudarsa viral. Bukan karena hal yang salah dilakukannya namun karena kinerja yang baik tentunya.

Menurut salah seorang warga Efrizal, sosok Bripka Arya Sudarsa adalah sosok Polisi yang tidak pernah berhenti bekerja. Sosok yang humanis dilihat dengan pola pelayanan yang ramah dan tegas.

“Bicara tentang Arya Sudarsa itu, saya nilai adalah sosok yang humanis. Dan saya lihat dia itu responnya cepat. Tak punya waktu banyak mungkin bagi keluarga. Jika dia ditelepon, langsung datang dan hadir. Dia orangnya siap standbye dimana saja kita butuhkan. Itu tanpa pamrih tentunya,” kata Efrizal wakili warga se RW 6 Kelurahan Perawang, Minggu (11/10/2020).

Masih kata masyarakat RW 6 itu, Bripka Arya Sudarsa tidak ada yang menonjol dari kepribadiannya. Sosok sederhana dan rendah hati, terlihat dari ketulusannya membantu orang di kelurahan Perawang.

“Kami rasa, beliau ini sosok Polisi bersahabat. Bahkan, saat kita bareng-bareng minum kopi bersama, nggak ada sikitpun batasan atau nampak dia adalah seorang polisi. Bahkan dia katakan, saya juga masyarakat biasa. Disitulah kerendahan hatinya yang saya nampak,” katanya lagi.

Ditempat terpisah, salah seorang Advokat di Kecamatan Tualang Rusda Harahap SH MH menilai sosok Bripka Arya Sudarsa layak menjadi perhatian Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi.

“Bripka Arya Sudarsa sosok yang perlu dipertahankan. Nilai plus bagi dia. Ini tentunya bukan settingan. Saya nilai apa adanya. Saya lihat beliau itu orang super sibuk. Kadang saya lihat sambang warga tak ada hentinya. Pernah suatu ketika malam hari, dengan berpakaian dinas dia masih bantu warga dengan ikut memakamkan korban meninggal dunia akibat terpapar virus Corona. Ini luar biasa. Saya bangga dengannya. Kapolda Riau Irjen Pol Agung pantas memberikan atau apresiasi sosok Polisi ini. Nilai jual sosok dari Polsek Tualang sangat kita apresiasi. Semuanya kompak, dan bersinergi,” ujar Rusda Harahap.

Lanjut kata Rusda, dirinya juga mengapresiasi Kapolsek Tualang AKP M Faizal Ramzani SH SIK MH yang sudah melakukan pembinaan bagi masing-masing personil di Polsek Tualang.

“Anggota baik tentunya ada yang berikan binaan yang baik juga. Semuanya tidak terlepas dari sosok Pimpinan yang mengajarkan demikian. Sosok Kapolsek Tualang AKP Faizal pantas kita berikan apresiasi yang tinggi. Kinerjanya juga maksimal. Tampak dari jajarannya yang aktif dan respon cepat dengan keluhan masyarakat,” pungkas Rusda. (Simon)

Editor: RB. Syafrudin Budiman SIP

Loading...