Unik, Upacara Bendera di atas Biduk di dalam Sungai di Padang

TOPIKINI.COM – Pemuda Hilalang Batang Kabung, kelurahan Batang Kabung Ganting, kecamatan Koto Tangah, Padang, menggelar acara unik untuk merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus, Jumat pagi. Mereka menggelar upacara bendera di atas sungai.  Inspektur upacara dan petugas pengibar bendera berdiri di atas perahu,  sedangkan peserta upacaranya  berdiri di pinggir sungai.

Pelaksanaannya dilakukan di atas sungai muaro penjalinan, dan inspektur upacara yang merupakan ketua pemuda setempat, menaiki perahu, menuju ke tengah sungai, untuk memimpin upacara.

Demikian juga dengan petugas pengibar bendera merah putih. Mereka harus menaiki perahu sambil membawa bendera, untuk dikibarkan di tengah  sungai. Tiang bendera berada di atas sungai, di pinggir jembatan.

Prosesinya berjalan seperti layaknya upacara bendera pada umumnya. Selain pengibaran bendera, ada pembacaan pancasila, pembacaan pembukaan Undang-undang Dasar 1945, dan menghendingkan cipta. Semua dilaksanakan oleh para pemuda.

Sedangkan peserta upacara terdiri dari anak-anak pesantren, ibu-ibu rumah tangga, kelompok majelis taklim, pelajar dari sekolah terdekat, dan para pemuda setempat. Mereka mengikuti upacara dengan hikmat dari pinggir sungai.

“Ini adaah ide dari adik2 pemuda. Ini menggambarkan susahnya meraih kemerdekaan. Dulu para pejuang kita mengibarkan bendera  merah putih dengan peluh dan darah, sekarang kita coba mewariskan semangat juang itu melalui upacara pengibaran bendera di atas sungai,” ucap Delfiza, ketua pemuda Hilalang Batang Kabung.

Kegiatan ini sengaja digelar di atas sungai karena wilayah kelurahan Batang Kabung Ganting dialiri oleh sungai Muaro Penjalinan yang, yang menjadi ikon wilayah tersebut. Selain itu, sungainya juga  sangat indah dan bersih. (dio)

Loading...