Tuntut Pembebasan Lahan Mesjid, Ratusan Warga Serbu PT.Mitra Kerinci

170

TOPIKINI.COM – Tuntut pembebasan lahan seluas 4,6 hektare untuk pembangunan mesjid Agung dikawasan kebun teh Solok Selatan Sumatera Barat, ratusan warga kecamatan Sangir menggelar aksi demo di PT. Mitra Kerinci. Aksi ini berlangsung ricuh antara warga dengan salah seorang petugas keamanan di perusahaan tersebut.

Ratusan warga bersama ninik mamak nagari Sangir, mengamuk saat aksi unjuk rasa mereka dihalang-halangi oleh petugas keamanan PT. Mitra Kerinci.

Bentrokpun bahkan nyaris terjadi yang akhirnya diredam oleh petugas kepolisian dari polres Solok Selatan.

Dalam aksi ini, warga menuntut untuk pembebasan lahan seluas 4,6 hektare diarea perkebunan teh milik PT. Mitra Kerinci, untuk pembangunan mesjid Agung yg telah dianggarkan oleh pemerintah daerah setempat dari sejak satu tahun yg silam. Saat ini pembangunan mesjid belum bisa diselenggarakan karena masih terkendala dengan pembebasan lahan.

“Ini sudah satu tahun dianggarkan pemda, pihak Mitra Kerinci belum juga mengeluarkan surat pembebasan lahan, padahal ini kan untuk rumah ibadah,” ucap Irwan Sangir, koordinator aksi.

Aksi warga inipun reda setelah pihak perkebunan teh PT. Mitra Kerinci menyetujui permintaan warga terkait pembebasan lahan untuk pendirian mesjid agung dikawasan perkebunan teh tersebut.

“BerSyukur tuntutan kita untuk pembebasan lahan dipenuhi oleh PT tersebut.. Dan semoga pendirian mesjid dapat dikerjakan secepatnya,” tambah Irwan.

Setelah tuntutan warga dipenuhi, warga pun kemudian membubarkan diri dengan tertib.(Ju Abdi)

Loading...