Tolak Tes Urine, Wabup Dharmasraya Omeli Pegawai RSUD Sungai Dareh

56

TOPIKINI.COM – Wakil bupati Dharmasraya, Amrizal Datuk Rajo Medan Senin pagi (18/12/2017) menggelar apel di RSUD Sungai Dareh di Pulau Punjung kabupaten Dharmasraya. Dalam apel tersebut, wabup meluapkan rasa kekesalannya karena ulah pegawai RSUD Sungai Dareh yang menolak melakukan tes urine pelaku narkoba Kamis malam (14/12/2017) lalu.

“Waktu itu saya sedang berada di luar kota, say ditelpon Kapolres dan Kasat Narkoba yang mengatakan mereka tak bisa melakukan tes urine terhadap pelaku narkoba, kaget saya,” ucap wabup.

Amrizal menjelaskan, bahwa presiden Joko Widodo saat ini sedang menyatakan perang terhadap narkoba, dan sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat, jajaran pemerintah daerah kabupaten harus mendukung program pemerintah pusat itu.

Mengenai keputusan Menkes no 194 tahun 2012, yang melarang rumah sakit daerah melakukan tes urine, wabup meminta pihak rumah sakit mencarikan jalan keluarnya.

“Kita minta pihak rumah sakit, layani saja dulu, dengan catatan tidak langgar Menkes, apa lagi kabupaten Dharmasrraya yang terletak di daerah perbatasan Sumatera Barat yang jauh dari pusat ibu kota Propinsi Sumatera Barat, jadi akan sangat memakan waktu jika tes urine mesti dilakukan di Padang,” tambahnya.

Langkah selanjutnya, pemda kabupaten Dharmasraya berencana akan membuat kesepakatan dengan pihak-pihak terkait seperti RSUD Sungai Dareh, Polres dan Kejari serta untuk mencarikan solusi persoalan ini. Mengingat tes urine untuk keperluan penyelidikan dan penyidikan kasus narkoba sangat dibutuhkan oleh polisi.(ms ek)

Loading...