Syamsul Bahri dari PDI Perjuangan Dipercaya Pimpin Komisi I DPRD Sumbar

201

TOPIKINI – Kader PDI Perjuangan dari daerah pemilihan Pasaman dan Pasaman Barat, Syamsul Bahri, dipercaya memimpin Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Barat. Penunjukan putra terbaik Pasaman Barat itu merupakan hasil paripurna penetapan alat kelengkapan dewan, Jumat (4/10/2019) di ruang sidang utama DPRD Sumbar.

Syamsul Bahri dipercaya menjadi ketua Komisi yang membidangi 18 Satuan Kerja Pemerintah Daerah provinsi Sumatera Barat, dari Inspektorat hingga Sekretariat KPU.

Mitra Kerja Komisi I DPRD Sumbar

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi menyatakan, komisi – komisi sebagai alat kelengkapan DPRD (AKD) merupakan instrumen penting dalam kelembagaan DPRD. Komisi merupakan AKD yang bersifat tetap dengan keanggotaan berasal dari seluruh perwakilan fraksi.

“Sesuai dengan komposisi jumlah anggota DPRD, mela terdapat lima komisi, sementara keanggotaannya ditetapkan dengan mempertimbangkan perimbangan dan pemerataan jumlah anggota antar komisi,” kata Supardi.

Lima komisi DPRD Provinsi Sumatera Barat adalah Komisi I Bidang Pemerintahan, Komisi II Bidang Ekonomi, Komisi III Bidang Keuangan. Kemudian, Komisi IV Bidang Pembangunan dan Komisi V yang membidangi Kesejahteraan.

Dari penetapan struktur pimpinan dan keanggotaan komisi dalam rapat paripurna tersebut, Komisi I Bidang Pemerintahan beranggotakan 9 orang. Komisi ini diketuai oleh Syamsul Bahri (Fraksi PDIP-PKB), wakil ketua Evi Yandri Rajo Budiman (Gerindra) dan Sekretaris H. M. Nurnas (Demokrat).

Kemudian Komisi II Bidang Ekonomi beranggotakan 11 orang. Komisi ini diketuai Arkadius Datuak Intan Bano (Demokrat) dengan wakil ketua Muhayatul (PAN) dan sekretaris Nurkhalis Dt Bijo Dirajo (Gerindra).

Komisi III Bidang Keuangan diisi oleh 12 anggota, dengan Ketua H. Afrizal (Golkar). Kemudian wakil ketua dipegang oleh Ali Tanjung (Demokrat) dan Sekretaris Ismunandi Sofyan (Gerindra).

Komisi IV Bidang Pembangunan beranggotakan 15 orang. Komisi ini diketuai oleh Muhammad Ikhbal (PAN). Sedangkan posisi wakil ketua dipegang oleh Mesra (Gerindra) dan sekretaris Lazuardi Erman (Golkar).

Terakhir, Komisi V yang membidangi kesejahteraan beranggotakan 15 orang. Komisi ini digawangi oleh Muchlis Yusuf Abit (Gerindra) sebagai Ketua. Kemudian Donizar (PDIP – PKB) menempati posisi wakil ketua sedangkan sekretaris dipegang Syahrul Furqan (PAN).(Sumber: dprd.sumbarprov.go.id)

Loading...