Syafrizal; BLT Dana Desa Sudah Cair 83,01 Persen

17

TOPIKINI – Kerja keras Wali Nagari dan Kepal Desa se Sumatera Barat untuk mendata, mencairkan dan menyalurkan BLT Dana Desa terus membuahkan hasil.

Hingga Kamis (28/5) pagi ini sudah 83,01 persen nagari/desa yang telah menyalurkan BLT, yang merupakan jaring pengaman bagi masyarakat miskin dan terdampak Covid-19 itu.

Kepala Dinas PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM mengatakan, persentase nagari/desa yang menyalurkan BLT Dana Desa itu akan terus dikebut hingga akhir minggu ini. “Kita berharap Bupati dan Walikota pro aktif mengawal pencairan dan penyaluran BLT Dana Desa ini hingga tuntas seluruh nagari merealisasikannya di akhir bulan Mei ini,” kata Syafrizal Ucok, Kamis (28/5) di kantornya Jalan Pramuka, Padang.

Menurut pamong senior asal Pesisir Selatan ini, dari 928 nagari/desa di Sumbar, sebagian besar sudah menyelesaikan proses pendataan dan Musyawarah Nagari Khusus untuk revisi APBNag.

Namun, karena kendala proses pendataan dan pengajuan, maka nagari/desa yang sudah menyalurkan BLT Dana Desa kepada warganya sebanyak 771 nagari/desa atau 83,01 persen dengan nilai uang yang dikucurkan sebesar Rp81,4 miliar.

Penyaluran BLT Dana Desa ini memang dimaksudkan pemerintah untuk membantu masyarakat miskin dan mereka yang terdampak pandemi Covid-19. Dengan persentase 83,01 persen BLT Dana Desa telah tersalur itu, artinya 113.961 Kepala Keluarga sudah menerima Rp600 ribu per bulan, dan selanjutnya akan tetap menerima hingga dua bulan berikutnya.

Menjawab pertanyaan media, Syafrizal Ucok yang didampingi Korprov Pendamping Profesional Dana Desa Ir. Feri Irawan, M.Si mengatakan, bahwa kendala utama di nagari/desa adalah pendataan, sinkronisasi dengan BLT lain dan musyawarah nagari khusus. Nagari/desa yang sudah menyelesaikan kedua tahap itu, diharapkan bantuan Bupati/Walikota mendorong percepatan pencairan BLT Dana Desa di Badan Keuangan Daerah dan segera pula dikawal percepatan penyalurannya.

“Penyaluran BLT Dana Desa tahap pertama ini akan berpengaruh kepada proses pencairan Dana Desa tahap kedua. Kita harapkan Bupati/Walikota menuntaskan 100 persen BLT Dana Desa tahap pertama hingga akhir Mei ini,” kata Syafrizal Ucok, yang juga mantan Pj. Bupati Kepulauan Mentawai ini.

Saat ini kabupaten/kota yang sudah menyalurkan BLT Dana Desa tuntas 100 persen adalah Kab. Sijunjung, Kab. Pasaman, Kab. Dharmasraya, Kota Sawahlunto dan Kota Pariaman. “Pencapaian penyaluran BLT Dana Desa di Sumbar sebesar 83,01 persen ini cukup bagus, sudah di atas rata-rata nasional yang masih 70 persen,” kata Syafrizal Ucok lagi.

Bahkan, kabar gembiranya, selain memacu penyaluran BLT Dana Desa tahap satu, sudah banyak pula nagari/desa yang telah mengucurkan BLT Dana Desa tahap kedua. “Sudah 14 persen nagari/desa yang sudah menyalurkan BLT Dana Desa tahap kedua. Alhamdulillah,” kata Syafrizal Ucok lagi, sambil menyampaikan terima kasih atas dukungan yang luar biasa dari Tenaga Ahli Profesional dan Pendamping Dana Desa seluruh Sumbar. (*)

Loading...