Sungguh Mulia, Warung Nasi Pak Darmis di Padang Sediakan Makan Gratis Setiap Jumat

TOPIKINI.COM – Seorang pemilik warung makan di Padang, Sumatera Barat, menyediakan makan siang gratis kepada para jamaah Masjid Jihad, Padang, yang usai melaksanakan Shalat Jumat. Pemberian makan siang gratis ini sudah dilakukan sejak satu tahun yang lalu.

Usai melaksanakan shalat jumat di Mesjid Jihad, Jalan Perak II, Kelurahan Kampung Jao, Padang, sebagian jamaah langsung menuju sebuah warung makan yang berada tepat di depan mesjid tersebut. Mereka hendak makan siang di warung makan tersebut. Cukup banyak jamaah yang makan siang di sini. Sebab, makan siang di sini gratis.

Ya, pemilik warung makan, Darmis (47 th), atau yang akrab disapa uncu, memang menyediakan makan siang gratis bagi jamaah shalat jumat. Hal itu dilakukannya sepekan sekali, setiap hari Jumat saja. Menu yang disediakan sama dengan yang dijual sehari-hari. Ada gulai ayam, ikan goreng, tempe, sayuran, dan sebagainya.

Semuanya dikemas dalam bentuk nasi bungkus, dan diletakkan di atas meja. Jamaah yang datang tinggal mengambil nasi bungkus tersebut, dan menyantapnya. Hal ini sudah dilakukannya selama setahun, di warungnya yang sederhana ini. Dananya dari Darmis sendiri dan donatur lainnya, yang ingin bersedekah, dengan cara membantu meringankan beban orang lain.

Darmis mengakui, niatnya menyediakan makan siang gratis hanyalah untuk mencari pahala semata. Walaupun dia dan istrinya, evawati, 45 tahun, bukanlah pengusaha besar, namun dengan menyediakan makan siang gratis, bapak tiga anak ini meyakini rezekinya selalu diberikan allah kepadanya.

“Saya dan donator hanya ingin meraih pahala Allah, dengan membantu menyediakan makan siang gratis. Saya yakin, Allah akan memberikan rezeki yang lebih banyak sebagai penggantinya,” kata Darmis, pemilik warung.

Pengunjung merasa senang dengan adanya warung makan siang gratis ini karena meringankan beban mereka, terutama yang kurang mampu. “Saya sedang sekali adanya makan siang gratis usai shalat Jumat di sini. Saya harap, hal ini bisa ditiru oleh pemilik warung makan lainnya,” ujar Mursal, pengunjung.

Warung makan uncu yang menyediakan makan siang gratis setiap Jumat ini, adalah satu-satunya warung makan di Kota Padang, yang melakukan hal seperti ini. Darmis berharap, akan muncul warung makan-warung makan lainnya yang mau bersedekah untuk membantu sesama, sekaligus menabung untuk amal akhirat kelak. (dio)

Loading...