Sujud syukur Terima Kunci dari Pangdam/TPR, Syamsudin Kini Miliki Rumah Layak Huni

Kubu Raya – Kamis (27/8/20) Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyerahkan kunci rumah yang telah selesai dibangun melalui program Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Bantuan Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa kepada Syamsudin warga Dusun Parit Aim, Ambawang Kuala, Sungai Ambawang, Kubu Raya.

Bersama dengan keluarganya Syamsudin (45) sempat sujud syukur setelah kunci rumah barunya diserahkan oleh Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Syamsudin yang hanya seorang buruh bangunan ini, kini memiliki rumah layak huni setelah rumahnya dibangun melalui bantuan dari Kasad melalui Kodam XII/Tpr. Yang dalam pelaksanaan pembangunannya dilaksanakan oleh Kodim 1207/BS.

Diungkapkan oleh Syamsudin, awalnya rumahnya hanya dibangun dengan seadanya dari kayu bekas beberapa tahun yang lalu. Karena termakan usia dan hanya dari kayu bekas, rumah itu mulai keropos dan sengnya pun mulai rusak.

Kalau cuaca hujan mulai miring dan goyang kena tiup angin. Mereka sekeluarga harus mengungsi sementara ke tetangga, setelah reda baru kembali kerumah.

“Kalau hujannya malam terpaksa kami harus sabar menunggu dirumah, walaupun dalam keadaan basah tergenang, harus ditadah airnya terpaksa kami tidur dibawah tetesan air hujan,” ungkapnya.

Diungkapkan olehnya juga, dirinya hanya seorang buruh bangunan. Yang kerjanya juga tidak menentu. Kadang kerja kadang juga harus menganggur. Untuk makan sehari – hari saja kurang apalagi membangun rumahnya.

“Untuk biaya makan sehari – hari saja kami serba kekurangan. Apalagi untuk membangun rumah seperti ini. Ya Allah inilah anugrah yang terbesar bagi saya. Saya mengucapkan terima kasih dengan hadirnya program bedah rumah dari Kasad melalui Kodam XII/Tpr sehingga rumah kami jadi layak huni,” ucapnya.

Sedangkan Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan program bedah rumah tidak layak huni dari Kasad kepada warga yang membutuhkan dalam rangka peringatan HUT ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia.

Adapun kegiatan bedah rumah tidak layak huni ini dilaksanakan secara serentak di wilayah Indonesia dimana tiap – tiap Kodam memdapatkan lima sasaran. Untuk di Kodam XII/Tpr sasaranya ada di wilayah Kodim 1207/BS, Kodim 1201/Mph, Kodim 1202/Skw, Kodim 1011/Klk dan Kodim 1016/Plk.

“Alhamdulilah semua kegiatan bedah rumah bisa terlaksana dengan baik hari ini, secara serentak diserahkan kepada para penghuni,” kata Pangdam.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan bahwa program bedah rumah RTLH ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Angkatan Darat terhadap pemenuhan kebutuhan rumah masyarakat yang saat ini masih tinggi. Terlebih saat ini ditengah kondisi pandemi Covid-19 ini.

“Rumah Bapak Syamsudin ini kalau kita lihat tadi, dulunya memang sangat memprihatinkan. Beliau tadi cerita kalau ada hujan atau angin beliau keluar rumah baru masuk. Dengan adanya bedah rumah ini jadi sangat layak,” ujarnya.

Pangdam XII/Tpr menyampaikan, rumah Syamsudin tidak hanya dibangun tetapi juga dilengkapi dengan perabot rumah tangga lainnya. Seperti Listrik, tempat tidur, TV, instalasi air, meja kursi dan sebagainya.Sehingga Syamsudin dengan keluarga kini tinggal dirumah yang layak sekali.

“Dengan adanya perhatian seperti ini, inilah salah satu bentuk kepedulian angkatan darat pada masyarakat yang membutuhkan. Kepada pak Syamsudin saya berpesan, mudah – mudahan rumah yang sudah kita serah terimakan ini bisa terawat dengan baik, bisa ditempati dengan baik sehingga anak – anaknya bisa tumbuh dengan baik pula dirumah yang berkah ini,” pungkas Pangdam XII/Tpr.

Dalam acara juga dilaksanakan pembagian paket sembako untuk warga kurang mampu di sekitar Dusun Parit Aim. Tampak hadir dalam acara, Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Djaka Budhi Utama, para pejabat utama Kodam XII/Tpr, Wakil Bupati Kubu Raya, Dandim 1207/BS, Wakapolres Kubu Raya dan Kadis PUPR Kubu Raya. (red)

Editor: RB. Syafrudin Budiman, SIP

Loading...