Suir Syam: Kampung KB untuk Pemerataan Pembangunan di Indonesia

19

TOPIKINI.COM – Anggota Komisi IX DPR RI, dr. H. SUIR SYAM, M.Kes., M.M.R. menghadiri acara Sosialisasi dan Pengembangan Program Lini bersama Mitra di Kampung KB nagari Momong kecamatan Pulau Punjung kabupaten Dharmasraya, Senin (13/08/2018).

Suir Syam mengatakan, sebagai warga negara, pemerintah mewajibkan memiliki BPJS untuk menjamin kesehatan.

“Mulai 1 Januari 2019, undang-undang mengatakan, setiap warga negara wajib memiliki BPJS,” ucapnya.

Namun masyarakat juga diwajibkan menjaga kesehatan dan memperhatikan lingkungan dan tempat tinggal masing-masing.

“Setiap rumah harus dipastikan memiliki MCK yang layak, dan juga harus menjaga kebersihan lingkungan masing-masing,” tambahnya.

Selain itu, politisi Partai gerindra ini juga menyinggung soal pendidikan masyarakat yang dinilai masih rendah.

“Kita sebagai warga negara mesti menyadari pentingnya pendidikan, karena saat ini tingkat pendidikan di tanah air masih rendah, rata-rata hanya 8 tahun,” tambahnya.

Selain kesehatan dan pendidikan, faktor lain penyebab rendahnya tingkat kesejahteraan penduduk juga disebabkan karena faktor masih banyaknya pernikahan dini.

“Satu lagi pesan saya, hindari pernikahan dini, karena ini sangat rawan, rawan sosial, rawan ekonomi karena juga mengakibatkan tingginya angka perceraian, sehingga nanti bisa meningkatkan angka kemiskinan,” lengkap mantan walikota Padang Panjang ini.

Dalam kegiatan ini, Suir Syam juga menyerahkan sejumlah hadiah bagi warga yang hadir dan mengikuti kegiatan ini sampai selesai.(kawek)

Loading...