Suir Syam: Begini Kebijakan SJSN melalui BPJS untuk Program KB

81

TOPIKINI.COM – dr. H. Suir Syam, M.Kes, MMR, anggota Komisi IX DPR RI, Minggu (19/08/2018), menghadiri acara Program Pelayanan Keluarga Berencana (KB) dan Keluarga Reproduksi (KR) berkualitas di nagari Koto Baru kecamatan X Koto kabupaten Tanah Datar.

Acara tersebut bertujuan mensosialisasikan program KB dan KR yang di sinergikan dengan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) untuk menjalankan program Keluarga Berencana (KB).

“Kita berharap ini bisa berjalan, Kebijakan Nasional SJSN melalui BPJS untuk Program KB, sehingga program KB bisa lebih cepat sukses dan berkembang pesat dibanding tahun-tahun sebelumnya,” ucap Suir Syam.

Untuk suksesnya program tersebut, berikut faktor-faktor pendukung yang mempengaruhi serta penunjang agar program ini bisa berjalan dengan baik, seperti:

– Memastikan fasilitas pelayanan KB sudah bekerjasama dengan BPJS dan Teregistrasi.
– Memastikan tersedianya tenaga kesehatan KB & KR yang sudah teregistrasi.
– Menjamin tersedianya saranan penunjang pelayanan kontrasepsi.
– Menjamin tersedianya alat kontrsepsi.
– Perlunya pencatatan dan pelaporan yang bekerja sama dengan BPJS.

“Jika ke 5 faktor itu bisa terpenuhi, saya yakin program KB bisa melonjak, sehingga tujuan program KB ini bisa tercapai,” tambah mantan walikota Padang Panjang itu.

Selain Suir Syam, acara tersebut juga dihadiri perwakilan dari BKKBN pusat, Drg. Widwiono, M.Kes, Kabid PLK KB KR, BKKBN Sumbar Yusnani, S.H, Kabid PPKB Dinas PMDPPKB Indra Darmanto dan juga Camat X Koto.

Sementara para peserta yang hadir pada acara itu, yang beruntung mendapatkan berbagai hadiah menarik yang bisa mereka bawa pulang.(kawek)

Loading...