Suir Syam: 70% Penderita Aids di Sumbar Akibat Hubungan Sejenis

641

TOPIKINI.COM – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar Sosialisasi dan Pengembangan Program Lini Lapangan di Kampung KB kelurahan Jati Bawah Buluh kecamatan Padang Timur kota Padang, Sabtu (14/07/2018).

Dalam acara tersebut, hadir anggota Komisi IX DPR RI dr. H. SUIR SYAM, M.Kes., M.M.R dan Sekretaris Utama (sestama) BKKBN pusat Nofrijal, kepala perwakilan BKKBN Sumbar Syahrudin dan kepala perwakilan BKKBN kota Padang Herianto Rustam.

Dalam sambutannya, Suir Syam mengingatkan warga masyarakat Kampung KB Jati Bawah Buluh agar selalu mewaspadai penyimpangan-penyimpangan seksual yang banyak terdapat di kalangan remaja dan orang dewasa saat ini, seperti hubungan sejenis.

“70 persen penderita Aids di Sumatera Barat akibat dari hubungan seksual laki-laki sejenis, dan ini perlu kita waspadai bersama terutama bagi kita yang punya anak. Salah satu cara yang paling efektif untuk menghindari penyebaran penyimpangan ini dengan membatasi penggunaan smartphone pada anak-anak kita,” ucap mantan walikota Padang Panjang yang memiliki disiplin ilmu kesehatan ini.

Suir Syam sempat mengenang saat ia masih kuliah di Fakultas Kedokteran Unand, ia tak asing lagi dengan kelurahan Jati, tempat dilaksanakan acara ini.

“Saya dulu kuliah di kedokteran Unand kos di Jati, Jati ini seperti kampung saya sewaktu kuliah,” katanya.

Sementara itu, sekretaris utama BKKBN pusat H. Nofrijal menyampaikan bahwa program Kampung KB selain untuk menunjang program Keluarga Berencana, juga menjadi wadah untuk memberikan pembelajaran masyarakat pentingnya pendidikan seksualitas serta pengenalan reproduksi.

“Seperti yang disampaikan Pak Suir Syam tadi, kita menjaga agar generasi muda kita jauh dari penyimpangan-penyimpangan seksualitas agar tidak merebak penyakit-penyakit yang tak kita inginkan bersama,” ucap Nofrijal.

Suir Syam dan Nofrijal menyerahkan sejumlah hadiah, mulai dari sepeda gunung, TV 32 Inci juga uang tunai sebesar Rp 3 juta untuk penunjang kegiatan program KB di Jati Bawah Buluh.(kawek)

Loading...