Serunya Lomba Layang-Layang Danguang di Pariaman

TOPIKINI.COM – Ratusan anak nagari di kecamatan Ulakan Tapakis, kabupaten Padang Paiaman, mengikuti lomba layang-layang danguang, di pantai Tiram. Ajang ini merupakan rangkaian pembobotan Kirab Pemuda 2018, Sabtu (16/09/2018). Selain itu, acara ini juga untuk menjalin kebersamaan sesama pemuda dalam menjalin silaturahmi dan menjauhi perpecahan.

Para peserta merupakan utusan dari berbagai dusun atau kampung, di kecamatan Ulakan Tapakis, dan kecamatan lainnya di  kabupaten Padang Pariaman. Mereka yang berjumlah 36 peserta ini membawa layang-layang bermacam corak. Disebut layang-layang danguang karena ketika dinaikkan mengeluarkan bunyi seperti mendengung.

Peserta menaikkan layang-layang dengan berbagai ketegori penilaian. Mulai dari corak, bunyi hingga ketinggian layang-layang pada posisi tali layangan lurus, selama 10 menit.

Lomba layang-layang danguang ini menjadi permainan anak nagari sejak ratusan tahun lalu. Meski tidak terlalu banyak hadiah yang diperebutkan, tetapi anak nagari selalu antusias mengikuti permainan layang-layang danguan.

Berbeda dengan layangan umumnya, layangan danguang mengeluarkan bunyi, saat terbang. Butuh kekompakan tim dan kekuatan serta keahlian, agar layangan bisa terbang dengan sempurna.

Menariknya, layang-layang danguang atau empat tali ini tidak bisa dinaikkan seorang diri. Tetapi minimalnya lima hingga enam orang. Hal ini menunjukkan kekompakan dan kebersamaan sesama pemuda.

Menurut wali nagari ulakan tapakis, Soni, permainan anak nagari ini merupakan ajang silaturahmi dan menjalin kekompakan para pemuda kampung sejak dulu kala.

“Sejak dulu pertandingan layang danguang ini dilaksanakan untuk memupuk kebersamaan antar pemuda, sampai sekarang masih dipertahankan,” ucap Soni, walinagari Tapakis.

Festival layang-layang danguan ini, merupakan satu dari berbagai kegiatan kirab pemuda 2018 di kabupaten Padang Pariaman. Tema yang diusung kali ini adalah kita Indonesia.

Menurut sekretaris kirab pemuda wilayah Sumatra Barat Candra Kirana,  kirab pemuda di Sumbar ini merupakan program dari Kementerian Pemuda dan Olah Raga yang dilaksanakan di Bukittinggi, kabupaten Pasaman, kota Padang Panjang, kabupaten Padang Pariaman dan kota Padang yang sudah dimulai semenjak 12 September lalu.

“Sebelumnya kegiatan ini dimulai dari Sabang, setelah ini ke Riau dan ini memang bagian dari Kirab Pemuda 2018,” kata Candra Kirana,  sekretaris kirab pemuda wilayah Sumbar.

Ajang ini merupakan rangkaian pembobotan kirab pemuda 2018, yang diselenggarakan oleh kementerian pemuda dan olahraga dan himpunan mahasiswa pasca sarjana Indonesia, di tiga puluh dua kota di Indonesia.(dio)

Loading...