Sebagian Warga kota Padang Hari Rabu ini Sudah Berlebaran

291

TOPIKINI.COM – Jamaah tarekat Naqsabandiyah di Padang, Sumatera Barat, Rabu (13/6/2018) pagi melaksanakan shalat Idhul Fitri sebagai awal masuknya bulan Syawal dan berakhirnya bulan Ramadhan. Hari ini mereka sudah berlebaran, dua hari lebih cepat dari umat muslim lainnya.

Sekitar 100 orang pengikut Tarekat Naqsabandiyah, melaksanakan shalat Idhul Fitri di Mushalla Baitul Makmur di Jalan M Hatta, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Padang. Sebelum shalat dilaksanakan, terlebih dulu mereka mengumandangkan takbir, tahlil dan tahmid, untuk memuja Allah sang maha pencipta.

Siapa Presiden & Wakil Presiden 2019 Pilihan Anda?

Imam Sholat Ied juga menjelaskan tentang tata cara pelaksanaan shalat Idhul Fitri kepada para jamaah. Selanjutnya digelar shalat yang dipimpin oleh imam tarekat Naqsabandiyah, dan diikuti oleh jamaah laki-laki, perempuan serta anak-anak.

Tak ada yang beda, pelaksanaan shalat idhul fitri itu sendiri berjalan khusuk dan rakaatnya sama dengan tata cara umat muslim lainnya.

Menurut Buya Naqsabandiyah, dasar pelaksanaan shalat Idhul Fitri pada hari ini adalah berdasarkan hisab Munjid yang menjumlahkan bilangan hari. Sebagaimana akhir ramadhan yang lebih cepat dua hari dari kaum muslimin umumnya, awal puasa mereka juga lebih duluan dua hari.

“Kami punya perhitungan sendiri, berdasarkan kalender kami sendiri. Bukan melihat bulan. Dan memang sering berbeda dengan pemerintah. Tapi perbedaan itu adalah rahmat,” kata Syafri Malin Mudo, Buya Naqsabandiyah.

Tidak banyak pengikut tarekat Naqsabandiyah di kota Padang, hanya sekitar 1.000 orang. Itu pun hanya terpusat di kecamatan Pauh, dan sebagian kecil di kecamatan Lubuk Kilangan. (dio)

Loading...