Satu Kabupaten di Sumbar Lockdown

TOPIKINI – Satu kabupaten di Sumatera Barat terkunci atau lockdown, sejak hari Minggu (19/04/2020). Warga yang ada di kabupaten itu yaitu kabupaten Solok Selatan, tak bisa ke daerah lain atau sebaliknya.

Lockdownnya kabupaten yang berbatas dengan provinsi Jambi itu bukan karena pandemik Covid19, melainkan disebabkan oleh longsor. Longsor terjadi di jorong Cubadak nagari Aie Dingin kecamatan Lembah Gumanti kabupaten Solok.

Akibat longsor, jalur satu-satunya menuju kabupaten Solok Selatan dari kota Padang putus total. Jalan trans Sumatera itu, tidak bisa dilewati kendaraan apapun. Warga yang memaksa melewatinya, harus mendaki bukit dengan berjalan kaki.

Menurut Bambang, salah seorang warga setempat, longsor terjadi hari Minggu pukul 9.15 Wib. Areal longsor merupakan kawasan tambang galian C, yang kondisinya labil akibat curah hujan yang tinggi sejak beberapa hari sebelumnya.

“Ini jalan menuju tambang, sebelumnya sudah ada tanda-tanda retakan tanah sehingga warga sudah meninggalkan rumah. Ada tiga rumah yang rusak berat, dua diantaranya tertimbun dan satu lagi sudah tak layak huni,” kata Bambang.

Selain kabupaten Solok Selatan, satu kecamatan yang ada di kabupaten Solok yaitu kecamatan Pantai Cermin juga terkunci. Kecamatan Pantai Cermin berbatasan dengan kabupaten Solok Selatan yang juga dilalui oleh jalur yang menghubungkan Sumatera Barat dan Provinsi Jambi itu.

Untuk menuju kabupaten Solok Selatan ataupun kecamatan Pantai Cermin, mesti melewati kabupaten Kerinci Jambi melalui kabupaten Pesisir Selatan dengan jarak tempuh sejauh 350 kilometer lebih. Atau melalui kabupaten Dharmasraya dengan kondisi jalan yang belum diaspal.(art)

Loading...