Sapi Kurban Presiden Jokowi Bernama Adang

TOPIKINI – Seperti tahun tahun sebelumnya, pada hari raya Idul Adha tahun ini, presiden Jokowi kembali menyembelih hewan kurban di kota Padang provinsi Sumatera Barat.

Sapi dengan jenis limosin seberat satu koma satu ton, sudah disiapkan untuk disembelih Sabtu (1/8/2020) mendatang. Sapi kurban presiden Jokowi ini bernama Adang.

Menurut Heridikson, pemilik peternakan sapi di KTK kota Solok ini, tidak ada perlakuan khusus untuk Adang, semua ternaknya diperlakukan sama, yaitu memberikan makanan seperti biasa seperti dari jerami ditambah ampas tahu.

Namun uniknya, Heridikson selalu memberlakukan dan merawat ternaknya dengan penuh kasih sayang. Setiap sapinya diberi nama dengan nama nama orang.

“Semua sapi diperlakukan sama, tapi triknya, saya orang Sumatera Barat dulu hobinya berburu, sayang kepada ternak dengan kedekatan itu yang menghasilkan, itu makanya sapi itu diberi nama semua. Sapi presiden ini namanya Adang,” kata Heridikson, peternak sapi atau pemilik sapi kurban presiden Jokowi.

Adang dipilih sebagai hewan kurban presiden Jokowi, setelah melalui seleksi oleh dinas peternakan Sumatera Barat. Dari peternak di tiga daerah yang menjadi kandidat, yaitu Padang Panjang, Tanah Datar dan kota Solok, akhirnya diputuskan Adang sebagai pemenang, berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh pihak Sekretariat Kepresidenan Republik Indonesia.

“ Ada beberapa kriteria yang kita lihat, pertama kita pastikan ternak itu memang sehat, yang kedua performannya bagus dan yang ketiga berat, ini sangat menentukan. Karena memang dari secretariat negara dan sespri Presiden Republik Indonesia memang meminta yang dijadikan sapi kurban presiden itu adalah sapi yang terbaik di provinsi tersebut, yang kedua adalah sapi yang berasal dari peternak provinsi tersebut bukan dari perusahaan,” kata Drh M. Kamil Mp, sekretaris dinas peternakan dan kesehatan hewan Sumatera Barat.

Adang selanjutnya akan dibawa ke kota Padang, untuk diserahkan kepada pengurus Masjid Raya Sumatera Barat oleh gubernur Irwan Prayitno.

Rencananya Adang akan disembelih hari Sabtu mendatang, untuk dibagikan dagingnya kepada kaum duafa dan fakir miskin di daerah ini.(Gar)

Loading...