Relawan Harapkan Menteri Koperasi dan UKM adalah H. Bustan Pinrang, Berpengalaman dan Memahami Perkoperasian dan UKM

47
H. Bustan Pinrang (Istimewa)

Jakarta – Direktur Utama PT Mall Pinrang Sejahtera, H. Bustan Pinrang diharapkan oleh relawan Jokowi-Amin – KH Ma’ruf Amin Menteri Koperasi dan UKM di Kabinet Indonesia Kerja (KIK) jilid II. Bustan Pinrang dinilai memiliki pengalaman dan kemampuan dalam perkoperasian dan UKM, baik dari mulai konsel, aplikasi lapangan dan kerja nyata di dunia Koperasi.

“Kami berharap Presiden Jokowi bisa memilih H. Bustan Pinrang sebagai Menteri Koperasi dan UKM. Permasalahan koperasi harus diselesaikan oleh orang yang tepat seperti Bustan,” kata Gus Din sapaan akrab Syafrudin Budiman SIP Ketua Umum Presidium Pusat Barisan Pembaharuan (PP BP) saat ditemui awak media di Restoran Solaria, Mall Kalibata City, Senin (21/10/2019).

Kata Gus Din, walau tinggal hitungan hari Jokowi akan mengumumkan calon menterinya dari berbagai kalangan yang memang ahli dibidangnya. Dirinya, berharap H. Bustan Pinrang akan Dipilih Presiden Jokowi karena memiliki kapasitas dan kapabilitas yang nyata.

“Kami telah menyampaikan surat resmi tertulis kepada Presiden Jokowi untuk berkenan menjadikan Menteri di Kabinet Indonesia Kerja (KIK) Jilid II. Paling tidak sebagai Staf Ahli Presiden atau Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Mikro, Kepala Badan Pengembangan Bidang UKM dan Koperasi,” tandas Gus Din yang Sarjana Ilmu Politik lulusan Universitas Wiajaya Kusuma Surabaya (UWKS).

Gus Din menjelaskan H. Bustan Pinrang adalah sosok pengusaha yang ulet dan sukses, walaupun lulusan SD sampai SMA adalah persamaan Paket A/B/C dirinya dikenal jenius. Sosok Bustan cukup layak, dimana beliau juga sudah memiliki usaha yang berjalan baik dimana-mana. Bustan hanya ingin pengabdian untuk bangsa agar kemampuan dan kesuksesannya di bidang ekonomi mikro bisa tertular kemana-mana.

“Pandangan dan harapan Bustan bisa diberikan dan digunakan Bapak Jokowi untuk menciptakan sumber daya yang handal untuk mengantarkan visi-misi pembangunan Jokowi-Amjn yang luar biasa, Baik di bidang pembangunan infrastruktur & transportasi, maupun ekonomi kreatif berbasis Ekonomi Kerakyatan,” tambah Gus Din yang juga cicit Hasan Gipo atau KH Hasan Bisri yang menjadi Ketua Tanfidziah Nahdlatul Ulama (NU) pertama kali ini.

H. Bustan Pinrang dalam sebuah acara seminar Nasional Ekonomi Kerakyatan dan Ekonomi Umat. Foto: Istimewa.

Program 1 RW 1 Koperasi, Implementasi Gagasan Gerakan 1 Juta Koperasi dan UKM.

Bustan Pinrang sendiri kalau terpilih jadi Menteri Koperasi dan UKM, nantinya mengadakan program satu RW satu koperasi dalam menerapkan gerakan satu juta koperasi. Hal ini kata Gus Din, penting sesuai amanat Bung Karno dan Bung Hatta bahwa koperasi harus ditingkatkan.

“Penerapan Gerakan 1 juta koperasi dan UMKM untuk titik tekannya adalah menguatkan Pondasi Bangsa Indonesia dalam pembangunan ekonomi Nasional.
Untuk itu kami berharap semua pihak bersatu membangun Indonesia Maju lewat Koperasi dan UKM sebagai soko guru ekonomi bangsa,” jelasnya.

Terkait dengan banyaknya dukungan dari kalangan relawan terhadap sosok Bustan Pinrang agar bisa mengisi kabinet Jokowi jilid dua ini, diyakini akan mampu menumbuh suburkan perekonomian warga melalui pendekatan Koperasi dan UKM.

Sementara Bustan sendiri tidak menampik derasnya dukungan dari para relawan Jokowi bisa masuk dalam kabinet kerja periode kedua. Bustan yang memiliki segudang pengalaman bidang koperasi dan UKM ini sangat optimis, bisa membangun perkoperasian di tanah air akan berkembang pesat dengan konsep yang dimilikinya, yakni program satu juta koperasi.

Bustan juga melihat realisasi koperasi di daerah masih perlu diberdayakan karena penyuluhan belum dilakukan secara maksimal.

“Kita melihat dinas-dinas di daerah (Dinas Koperasi, Red) masih perlu diberdayakan lagi karena anggaran mereka yang terbatas hingga menyebabkan penyuluhan tidak maksimal,” kata Bustan.

Langkah Kongkrit yang pertamakali dilakukan, jika Bustan dipercaya Presiden menjadi Menteri Koperasi akan melakukan pembinaan langsung ke Dinas Koperasi di Daerah.

“Kita akan lakukan pembinaan langsung ke Dinas Koperasi di daerah untuk melakukan penyuluhan langsung kebawah. Kedepan harus ada laporan yang jelas mengenai koperasi yang ada. Ibarat anak, perlu kita tengok bagaimana nasibnya. Kalau memang berkembang buatkan laporan dan kalau sebaliknya kita ciptakan solusinya,” tutup Bustan pria asal Pinrang Sulawesi Selatan ini.

Terlebih, H. Bustan Pinrang, pakar koperasi dan ekonomi kerakyatan ini mengaku siap mengabdi secara totalitas untuk menyempurnakan perekonomian masyarakat Indonesia hingga level bawah. Salah satu gagasannya milenialnya adalah akan meluncurkan program 1 RW 1 Koperasi di tiap desa dan kelurahan di seluruh Indonesia. (red)

Loading...