Rapat Pleno BP KKSS Rumuskan Sinergisitas Gagasan dan Strategi Menciptakan Persatuan dan Kesatuan NKRI

12

Jakarta – Badan Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Sulawsi Selatan (BPP-KKSS) periode 2019-2024 menggelar Rapat Pleno (Rapat Kerja) membahas dan menetapkan program kerja selama satu periode. Kegiatan itu digelar di Aula Serba Guna Gedung Perpustakaan Nasional RI, Jalan Medan Merdeka Selatan, hari Sabtu (15/2/2020).

Ketua Umum BPP KKSS Muchlis Patahna mengatakan rapat kerja untuk lima tahun kedepan diagendakan adalah mensinergikan gagasan, pikiran, pengalaman,strategi dan taktik giat-giat merumuskan program kerja lima tahun ke depan dalam rangka Bagaimana seluruh potensi dan pemikiran di rumuskan dalam satu konsep kemudian di jadikan satu buku di implementasikan demi terciptanya persatuan, kedamaian dan mengangkat martabat dan marwah dan seluruh perantauan dalam menjaga Keutuhan NKRI.

“Kita akan mengangkat usaha warga KKSS ke tingkat yang lebih baik melalui pelatihan-pelatihan. KKSS sendiri yang akan memediasi dengan akses permodalan dan ke pemangku kepentingan lainnya,” ujar Muklis Patahna.

Muklis Patahna menegaskan, KKSS ini seluruh wilayah Indonesia, berkewajiban untuk memelihara persatuan, kesatuan dan kedamaian di seluruh wilayah Republik Indonesia.

“Karena di negara kita ini masih ada gesekan-gesekan, konflik-konflik sosial. KKSS mempunyai departemen namanya departemen lintas etnis,suku, agama dan paguyuban-paguyuban di seluruh indonesia. Departemen ini penting untuk menjaga dan menghindari semaksimal mungkin konflik-konflik di seluruh wilayah di Indonesia. Berperan sebagai perekat antar etnis menjalin persatuan dan kesatuan Bangsa demi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”, tandasnya.

Muchlis juga mengungkapkan KKSS adalah bagian tak terpisahkan dari proses munculnya SDM mumpuni dari berbagi bidang, bukan hanya di Jakarta tapi juga dari wilayah di seluruh Indonesia.

“Banyak SDM kita yang handal, hanya saja belum terekspos. Tugas kita sama-sama saling menopang dan bahu membahu,” ujar Muchlis menegaskan.

Ketua Panitia Raker Ophan Lamara yang juga Wakil Sekjen KKSS menambahkan potensi warga KKSS yang bergelut di bisnis ekonomi kreatif cukup banyak dan beragam.

“KKSS bisa melakukan pelatihan dengan pendataan potensi warga dari setiap KKSS seluruh Indonesia yang perlu dikembangkan. Apalagi saat ini semua bidang usaha membutuhkan sertifikasi dan tugas kita sekarang mendorong warga di usaha ekonomi kreatif untuk mendapatkan sertifikasi itu,” kata Ophan, yang dikenal sebagai pelaku ekonomi kreatif kuliner dan entertaiment ini.

Pada saat Raker dihadirkan juga suasana yang nyaman dan disiapkan berbagai kuliner tradisional buat peserta rapat.

“Panitia hidangkan ikan bakar, pallu mara, sayur daun kelor, nasu palekko, dan banyak lagi,” ungkap Ophan.

(Faris Fariansyah, SE)

Loading...