Rakernas IKA Unand Digelar dari Lokasi Bencana Erupsi Semeru, Rustian: Ayo Kita Bersatu

TOPIKINI, LUMAJANG – Rapat Kerja Nasional Rakernas Ikatan Alumni Unand (Rakernas IKA Unand) digelar secara hybrid, bahkan Ketua Umum DPP IKA Unand Rustian membuka Rakernas dari Lumajang lokasi bencana erupsi Semeru, Sabtu (11/12).

Dalam pembukaan acara tersebut Rustian mengucapkan terima kasih atas kehadiran semua unsur menyukseskan Rakernas pertama Kepengurusan DPP IKA Unand Periode 2021-2025 ini.

“Allhamdulillah, akhirnya satu agenda besar IKA Unand hari ini kita gelar, Rakernas adalah tolok ukur meretas program kerja untuk DPP IKA Unand. Terima kasih kepada semua elemen terlibat di Rakernas yang berlangsung secara hybrid ini,” ujar Rustian, Sabtu pagi.

Rustian juga berharap Rakernas menelurkan program kerja yang bisa dieksekusi oleh DPP IKA Unand di masa periode kepengurusan.

“Buat program yang realistis dan bisa dieksekusi, jangan program muluk-muluk yang menjadi bumerang bagi DPP IKA Unand merealisasikannya,” ujar Rustian.

Rustian juga mengingatkan agar program-program tersebut dapat dikerjakan secara kolaboratif dengan semua pihak terkait.

“Kalau kita Bersatu, tidak ada yang tidak bisa kita lakukan,” tandasnya.

Sementara itu Rektor diwakili Wakil Rektor III Unand Insannul Kamil dalam sambutannya lebih menekankan soal kolaborasi dan sinergitas, apalagi terkait dengan status Unand yang saat ini sudah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) berdasarkan PP Nomor 95 tahun 2021.

“Unand sedang dalam tahap transformasi, baik digital maupun tata kelolanya. Untuk itu tentu hal ini perlu didukung oleh alumni. Ayo kita berkolaborasi dan bersinergi untuk kedjajaan bangsa,” ujar Insannul.

Sementara Ketua SC Rakernas dan Pimpinan Sidang Rakernas Suwirman mengatakan pelaksanaan Rakernas berjalan lancar sampai pleno sore ini.

“Pelaksanaan Rakernas berlangsung hybrid, dihadiri 137 peserta dari semua unsur DPP IKA Unand, DPD IKA Unand, juga utusan dari DPP IKA Fakultas se Unand,” ujar Suwirman yang juga Waketum I IKA Unand.

Sementara itu, anggota SC Rakernas, Mukhsin AR menyatakan bahwa Rakernas berlangsung lancar. “Ada dinamika tapi tidak begitu alot,” ujarnya didampingi Ketua OC Rakernas M Riendra dan Sekretaris OC Rakernas Marwansyah.

“Ini karena para Waketum DPP IKA Unand yang membidangi departemennya masing-masing telah menggelar Pra Rakernas yang menghasilkan program yang diusulkan ke Rakernas hari ini,” ujar Mukhsin AR.

Selain itu Rakernas juga menyarankan segera Kongres. Luar Biasa (KLB) IKA Unand untuk perubahan AD/ART IKA Unand.

DPD IKA Unand seperti DKI Jakarta mengemukakan eksistensi organisasi alumni harus dipertegas dan diperjelas ke depannya.

“Harus ada program yang fokus soal pemberdayaan organisasi dan menjadi jembatani alumni Unand untuk mendapatkan pekerja, sentralnya harus diadakan di Jakarta,” ujar Ketua DPD IKa Unand Jabodetabek Mulyadi Mukhtar.

Rakernas ditutup secara resmi oleh Sekjen IKA Unand Reni Mayerni yang menyatakan syukur ke hadirat Allah SWT program kerja 2021-2025 sudah berhasil ditetapkan untuk menjadi pedoman bagi pengurus IKA Unand dalam menjalankan program ke depannya.

“Kami berterima kasih atas kehadiran perwakilan DPD dan DPP IKA Unand Fakultas yang sudah memberikan masukan yang berharga. Juga terima kasih kepada panitia yang telah sukses mengangkat acara ini tanpa halangan yang berarti,” pungkas Reni menutup Rakernas itu.(ikhwan)