Pusat Kuliner Nasi Kapau itu ada di Pasa Lereang Bukittinggi, Tonton Videonya

236

TOPIKINI – Nasi Kapau sebagai salah satu kuliner kebanggaan Sumatera Barat, saat ini sudah terkenal dimana-mana hingga manca negara. Salah seorang Chef terkenal di Singapura, KF Seetoh, pernah mengangkat dan mempromosikan Nasi Kapau saat menggelar Festival Jajanan Jalanan (Street Food Festival) beberapa tahun lalu. Taka da alasan lain, selain karena kenikmatan rasa yang disajikannya.

Kapau sebenarnya adalah sebuah nama daerah di Bukittinggi. Tapi tahukah anda, dimana bisa menemukan pusat kuliner Nasi Kapau ini, terutama di Bukittinggi sebagai daerah tujuan wisata?

Topikini coba menelusuri dan akhirnya menemukan lokasinya berdasarkan saran seorang teman. Tempatnya adalah “Los Lambuang” yang terletak di kawasan Pasa Lereang Pasar Atas Bukittinggi. Ditempat ini ada puluhan pedagang nasi Kapau yang dikumpulkan dalam satu petak berukuran sekitar 1000 meter persegi.

Menurut Ni Lis, salah seorang pemilik warung Nasi Kapau dengan plang nama “NI Lis”, semua pedagang nasi di tempat ini memang berasal dari daerah Kapau.

“Kapau itu kan nama daerah, jadi orang-orang pedagang disini memang berasal dari Kapau,” ucap Ni Lis, saat kami coba menikmati hidangan nasi Kapaunya.

Ada gulai ikan, kalio babek, tambusu, dendeng kering dan banyak lagi lauk yang disajikan Ni Lis. Saya mencoba dendeng kering daging sapi yang gurih dan terasa bumbu meresap ke dalam daging yang mongering.

“Yang membuat Nasi Kapau itu istimewa ya karena ciri khas rasanya, juga lauk-lauk yang disajikan memang khas daerah Kapau, makanya disebut nasi Kapau,” tambah Ni Lis.

Sementara soal harga, setelah dihitung Ni Lis, kami makan berempat dengan lauk babek dua, tambusu satu dan dendeng kering satu tambah kerupuk jangek totalnya Rp 114 ribu.

Bagi anda yang ingin ke Los Lambuang ini, masuk dari jam Gadang, kemudian berjalan kaki menelusuri pasar Lereang. Sekitar 50 meter sebelah kiri, anda akan melihat Los Lambung Nasi Kapau yang selalu membuat selera tergugah. Selamat menikmati..!(art)

Loading...