Puluhan Pesilat Mengikuti Kejurwil Pencak Silat Remaja se-Sumatera

58

TOPIKINI.COM – Puluhan pesilat dari enam propinsi di Sumatera, mengikuti Kejuaraan Wilayah Pencak Silat Remaja tahun 2017 di Padang, Sumatera Barat, Selasa (19/12). Pembukaan Kejurwil dilakukan oleh Ketua Umum IPSi Sumatera Barat Fauzi Bahar dan dihadiri oleh para pengurus KONI Sumatera Barat.

Para Peserta Kejuaraan Wilayah Pencak Silat Remaja se-Sumatera ini diikuti pesilat dari Jambi, Sumatera Selatan, Riau, Bengkulu, Bangka Belitung dan Sumatera Barat selaku tuan rumah. Ada sembilan kelas yang dipertandingakn berdasarkan berat badan.

Paling rendah 39 kilogram dan paling berat 66 kilogam. Peserta remaja yaitu yang berumur 14 tahun-17 tahun. Kategori yang dipertadingkan adalah kategori silat tanding dan seni tunggal.

Pada nomor seni tunggal yang diikuti oleh seluruh peserta dari berbagai propinsi di Sumatera tersebut, pesilat muda memperagakan keahlian seni pencak silat seorang diri.

Selain pukulan, tangkisan, tendangan dan kuncian, yang dilakukan dengan tangan kosong, para peserta juga menampilkan kepiwaian mereka menggunakan tongkat dan parang.

Sesekali para penonton memberi tepukan yang gemuruh untuk membangkitkan semangat rekan mereka yang sedang tampil.

Dalam sambutan ketika membuka Kejurwil, Ketua IPSI Sumatera Barat, Fauzi Bahar, mengatakan kejurwil ini bertujuan sebagai ajang pencarian biit-bibit pendekar silat untuk PON mendatang.

“Ini kan kategori remaja. Mereka yang berhasil disini, akan menjadi pesilat handal. Dan IPSI akan tetap menjadi penyumbang medali emas yang selalu memberikan kontribusi nyata untuk Sumatera Barat,” kata Fauzi Bahar.

Kejurwil pencak silat remaja se-Sumatera ini selain merupakan agenda tetap IPSI Sumatera Barat, juga merupakan mandat dari KONI Sumatera Barat. Kejurwil dilakukan oleh beberapa cabang olahraga andalan Sumatera barat menjelang PON 2018 mendatang. (dio)

Loading...