PSU DPD Sumbar Direncanakan Hari Sabtu

51

JAKARTA, TOPIKINI – Pemilihan Suara Ulang (PSU) calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Sumatera Barat, direncanakan akan digelar pada hari Sabtu.

Hari Sabtu dipilih, mengingat hari tersebut sudah menjadi hari libur akhir pekan.

Hal itu disampaikan Idham Holik, ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU RI, Kamis (13/7/2024) saat rapat koordinasi tindak lanjut keputusan Mahkamah Agung tentang perselisihan hasil pemilihan umum di Jakarta.

“Kalau kita buat di hari kerja, perlu peraturan pemerintah untuk menjadikannya hari libur, dan secara waktu itu tidak memungkinkan,” ucapnya.

Dalam rancangan yang sudah disusun KPU RI, hari pemungutan suara ulang direncanakan tanggal 13 Juli 2024. Namun jadwal ini masih menunggu untuk disahkan menjadi Keputusan KPU jika tidak ada perubahan.

“Hari itu tidak ada hari besar keagamaan kan, atau tidak ada hari raya kan,” tanya Idham kepada peserta rapat yang sebagian besar adalah anggota dan sekretariat KPU se Sumatera Barat.

Sebelum pemungutan suara ulang, KPU sebelumnya akan mengumumkan Daftar Calon Tetap DPD dengan memasukkan nama Irman Gusman.

“Sesuai amar putusan Mahkamah Konstitusi, tidak ada kampanye, jadi nanti kita yang akan melakukan sosialisasi, waktunya 10 hari dari tanggal 1 sampai tanggal 10 Juli,” lanjutnya.

Sebelum itu, Irman Gusman diwajibkan oleh MK, mengumumkan statusnya sebagai mantan narapidana, untuk melengkapi syarat pencalonan.

“Peserta tidak boleh kampanye, kalau ada yang kampanye itu menjadi ranahnya Bawaslu untuk mengawasi,” tandas Idham.

Untuk memasukkan Irman Gusman, KPU akan membuat nomor urut baru berdasarkan deret abjad, sesuai ketentuan UU no 7 tahun 2017.(Art)