Promosi Pelayanan KB Dan KR di Tanah Datar Dihadiri Anggota Komisi IX DPR RI

29

TOPIKINI.COM – Pelaksanaan program Promosi Pelayanan Keluarga Berencana (KB) dan Keluarga Reproduksi (KR) di nagari Jaho kecamatan X Koto kabupaten Tanah Datar, Rabu (15/08/2018), dihadiri anggota Komisi IX DPR RI dr. Suir Syam M.Kes.M.M.R.

Mantan walikota Padang Panjang itu hadir sebagai narasumber, menyampaikan pesan-pesan tentang pelaksanaan program Keluarga Berencana yang sudah sejak lama digagas pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Nasional (BKKBN) sejak lama.

Suir Syam mengingatkan, program yang bertujuan untuk menekan angka pertumbuhan penduduk ini, mesti dibarengi dengan kelengkapan factor-faktor penunjangnya seperti:

  • Kebijakan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) melalui BPJS untuk program KB.
  • Memastikan fasilitas pelayanan KB sudah bekerjasama dengan BPJS dan teregistrasi.
  • Memastikan tersedianya petugas tenaga kesehatan KBKR yang teregistrasi.
  • Menjamin tersedianya sarana penunjang pelayanan kontrasepsi.
  • Menjamin tersedianya alat kontrasepsi.
  • Perlunya pencatatan dan pelaporan yang bekerjasama dengan BPJS.

“Jika factor-faktor itu sudah bisa dipenuhi oleh pemerintah, saya yakin program Keluarag Berencana bisa sukses dan berhasil menekan angka pertumbuhan penduduk yang melaju kencang,” ucap Suir Syam, anggota Komisi IX DPR RI.

Selain Suir Syam, acara tersebut juga dihadiri kepala perwakilan BKKBN Sumatera Barat, Syahruddin, dan sejumlah pejabat daerah tersebut.

Pada acara yang diselenggarakan di MTI Syekh Djamil Nagari Jaho, Suir Syam membagikan sejumlah hadiah kepada peserta acara berupa TV LCD dan sejumlah hadiah menarik lainnya.(kawek)

Loading...