Pot Hias Bernilai Jual Tinggi dari Bahan Kain Bekas, Pemberdayaan Pemuda Desa Oleh KKN 37 UMM

37

Madiun – KKN 37 dari Universitas Muhammdiyah Malang yang di bimbing oleh Bapak Setyo Wahyu Sulistyono selaku Dosen Pembimbing Lapang melakukan Kuliah Kerja Nyata yang berlokasi di Desa Mendak Madiun, melaksanakan program kerja aktivasi karang taruna dengan pembuatan pot hias dari kain bekas yang benilai jual. Kegiatan sosialisasi pembuatan pot hias ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 Februari 2020 di Posko KKN 37 Mendak Madiun.

Kain Bekas biasanya berakhir di tempat sampah bahkan berserakan dan tidak dapat dimanfaatkan lagi, namun Mahasiswa KKN 37 UMM dan Pak Antok menyulap kain bekas menjadi pot hias bernilai jual. Melalui beberapa kali percobaan untuk membuat pot hias, akhirnya menemukan formula yang tepat. Dan dilakukan sosialisasi kepada karang taruna.

Kegitan ini dimulai dengan sambutan-sambutan, sambutan pertama oleh mako sebagai penanggung jawab kegiatan ini, sambutan kedua oleh koordinator desa Nugroho Putro Dedi dan sambutan ketiga oleh pak antok selaku pendamping desa.

Kegiatan sosisalisi ini menuntut kreativitas seseorang tanpa membutuhkan modal banyak, sesuai dengan sambutan pak anto yang menyatakan, pembuatan pot hias dari kain bekas ini menuntut seseorang agar mengasah kreativitas tanpa membutuhkan modal yang mahal, dan harapannya program ini tetap berkembang agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Praktek pembuatan pot hias dilakukan bersama mahasiswa KKN 37 dan Karang Taruna yang dipandu oleh pak antok sebagai pemateri yang dilakukan dari proses pencetakan wadah pot sampai pengecatan pot hias.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Pak Antok selaku pendamping desa, Pak Tukimun sebagai Sie Kesejahteraan, Pak Yono selaku ketua karang taruna moro sowo, Pak Parlan sebagai ketua karang taruna mendak, Tim Pembimbing Lapang (TPL) Bapak R. Afri Handoko dan para anggota karang taruna.

Harapan berlangsungnya kegitan sosialisasi ini agar para anggota karang taruna dapat menemukan souvenir untuk dijadian program kerja yang mana bernilai jual dan ekonomis untuk dipraktekkan.

Penulis : Azka Amalina

Loading...