Polres Tanjung Balai bersama Forkopimda, Gotong Royong Membersihkan Sungai Tanjung Balai

27

Tanjung Balai – Kapolres Tanjung Balai dan Jajaran Polres Tanjung Balai bersama Forkopimda dan Jajaran Instansi pemerintahan Kota Tanjung Balai melakukan kegiatan gotongroyong membersihkan sungai yang ada di sekitar kota Tanjung Balai.

Kapolres Tanjung Balai yang di Wakil Jajaran Polres Tanjung Balai melakukan kegiatan Gotongroyong, Rabu (26/02/2020, sekira pukul 08.00 Wib, di lapngan PT. Timur Jaya jl. Garuda telah dilaksanakan Apel Kesiapan untuk Kegiatan Gotong Royong dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dan untuk Pembersihan Sungai Bersama Intansi Terkait di Wilayah Kec. Teluk Nibung Kota Tanjung Balai.

Hasil Rapat Koordinasi Forkopimda di Kota Tanjung Balai. Rabu (25/02/2020) di Aula II Pemko Tanjung Balai dengan Undang Undang Republik Indonesia No, 2 tahun 2020 tentang kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rapat tersebut juga dihadiri, Asisten II Pemerintahan Nurmalini S. STP., M. Si. Mewakili Walikota Tanjungbalai.

Selanjutnya, Sekretaris Daerah Yusmada Siahaan S. H.,M.AP. Dandim 0208 AS Letkol Inf. Sri Marantika Beruh. DAN Lanal TBA Letkol Laut(P) Dafris. Kapolsek Teluk Nibung Akp R.G.M Hutagalung S.H.
Danramil 08 Pulau Buaya Kapten Arm Viktor Hutagaol. Camat Teluk Nibung M.Ali, S.E. Ketua PKK kota Tanjungbalai Hj. Sri Silvisa Novita. Personil AL TBA. Tanjungbalai Nibung. Personil Kodim 0208 AS. Personil Polres Tanjung Balai. Instansi Terkait sejajaran kota Tanjung Balai.

Dalam pelaksanaan apel gabungan di pimpin oleh Dan TNI AL sebagai Inspektur Upacara dan diikuti oleh seluruh peserta kegiatan yang terdiri dari, Personil Angkatan Darat.Personil Angkatan Laut. Personil Kepolisian.Dinas PU Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup.Dinas Perhubungan.TAGANA, BPBD,
Kesbangpol, OKP dan para undangan/peserta yang hadir dari masyarakat Kecamatan Teluk Nibung ± 500 orang.

Kata Sambutan dari Dan Lanal dalam amanatnya dan Lanal TBA Letkol Laut (P)Darfis selaku pembina dalam Apel Gabungan dan kita berkumpul di lapangan ini untuk melaksanakan kegiatan Gotong Royong dalam rangka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional. Serta segenap masyarakat yang di Tanjung Balai juga ikut dalam melaksanakan kegiatan gotong royong untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas.

“Pada kesempatan ini kami mengajak kita semua untuk membangun perilaku lingkungan hidup yang sehat, seperti instruksi  presiden No 12 tahun 2016 tentang revolusi mental terkhusus dalam menjaga kebersihan.
Di kota Tanjung Balai yang sesuai dengan tujuan kota Tanjung Balai, yang religius, aman, dan bersih,” katanya.

Dengan kata penutup marilah kita berdoa untuk korban longsor di Lui gajah, dan semoga daerah kita tidak terkena bencana yang sama.

Dalam kegiatan gotongroyong di bagi beberapa tim yang masing masing memimpin dalam kegiatan 4 zona
Zona pertama di pimpin oleh perwira AD.
Zona kedua di pimpin oleh perwira AL.
Zona ketiga di pimpin oleh Perwira Polisi.
Zona empat dipimpin oleh perwira AL

Apel Gabungan selesai pukul 09.30 wib dan peserta menuju lokasi masing-masing yang telah ditentukan dantiap tiap tim berangkat dengan menggunakan perahu karet

Tim Zona 1 membersihkan aliran sungai mulai dari sungai di jalan Garuda ke aliran sungai esdengki

Tim Zona 2 membersihkan aliran sungai mulai dari sungai di jalan Garuda sampai ke aliran sungai yang berada di bawah Titi gantung Kapias.

Tim Zona 3 membersihkan aliran sungai mulai dari sungai di jalan Garuda sampai ke aliran sungai esdengki

Tim Zona 4 Membersihkan sampah yang berada di darat di kelurahan Beting Kuala kapias, kecamatan teluk nibung.

Perlengkapan yang di gunakan perahu masyarakat, perahu karet, dan tangguk untuk mengangkat sampah.

Sampah yang ditemukan di aliran sungai yang di bersihkan oleh tim adalah Daun enceng gondok, Botol minuman plastik, Pempes bayi, Batang kayu danLimbah rumah tangga seperti bekas sisa sayur seperti Kantong plastik, Botol minuman kaleng dan penutup atas sampan perahu ( terpal ).

Pukul 11.14 wib semua sampah yang dapat dari sungai di angkat ke mobil dinas lingkungan hidup untuk selanjutnya di buang ke TPA.

Pukul 11.30 wib semua peserta kegiatan istirahat dan makan siang.

Kegiatan gotong royong berakhir pukul 12.45 Wib, selama dalam pelaksanaan situasi berjalan aman dan baik. (red)

Loading...