Polisi Grebek Rumah Pembuatan Miras Palsu Berbagai Merek di Padang

Inilah contoh miras palsunya

TOPIKINI.COM – Polisi  dari Polda Sumatera Barat, menggerebek sebuh rumah berlanti dua, yang dipakai sebagai tempat pembuatan minuman keras palsu. Miras tersebut diracik sendiri, kemudian dimasukkan ke dalam botol, dan dipasangi label merek-merek ternama.

Rumah berlantai dua itu terletak di jalan Veteran nomor 62 RT 3 RW 3, kelurahan Padang Pasir, kecamatan Padang Barat, kota Padang, Rabu malam (05/09/2018). Rumah ini milik pasangan suami-istri Suherman, 47 tahun, dan Liany Anggreini  46 tahun. Keduanya memproduksi minuman keras palsu dengan merek-merek ternama.

Di lantai dua bangunan  tersebut, polisi menemukan bahan-bahan dan peralatan  untuk membuat minuman keras, serta kertas label miras berbagai merek.  Miras-miras produksi sendiri tersebut selanjutnya dipindahkan ke dalam botol  kosong, dan ditempeli merek ternama, kemudian disegel.

Di lokasi ini, polisi menemukan 4.380 botol miras. Merek-merek yang diproduksi tersebut antara lain Vodka, Whisky, Brandy, Anggur Merah, TKW Brothers, Tequila, New Port dan lain sebagainya.

Rumah produksi miras palsu ini sudah beroperasi selama 3 tahun, beredar di Sumatera Barat, dengan omzetnya Rp 100 juta sebulan.  Selain Suhermna dan Liany, polisi juga menetapkan Taufiq Ilyas 38 tahun, sopir sekaligus bagian pengantar miras pesanan.

“Mereka sudah 3 tahun produksi miras palsu ini. Konsumennya di Sumbar. Cairan mirasnya diproduksi sendiri, kemudian diberi merek,” ucap Kombes Margiyanta, Dir Reskrimsus Polda Sumbar.

Ini para tersangkanya

Para tersangka dijerat dengan undang-undang  nomor  18 tahun 2012 tentang pangan, undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, serta undang-undang nomor 3 tahun 2014 tentang perindustrian, dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.(Dio)

Loading...