PK-OTDA Gelar Bimtek Perangkat Desa dan BPD

72
Acara Bimtek Perangkat Desa dan Badan Perwakilan Desa (BPD) di Kab. Batanghari. Foto: istimewa.

Jakarta – PengKajian Keuangan dan Otonomi Daerah (PK-OTDA) menggelar Bimtek Perangkat Desa dan Badan Perwakilan Desa (BPD) di Kab. Batanghari. Adapun temanya, Strategi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa dan Studi Tiru di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Propinsi Bali.

Acara ini diselenggarakan pada 30 Oktober – 02 November 2019 bertempat di Hotel J4 Legian, Kuta, Bali, Jl. Raya Legian No. 74 Br. Pengabetan, Propinsi Bali. Dimana kegiatan ini juga merupakan sosialisasi pengawalan terhadap penyaluran dan pemafaatan dana desa melalui program jaga desa (Jaksa Garda Desa).

“Dalam Bimtek dan ini juga dilakukan studi lapangan ke lokasi di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kab. Badung. Sehingga perangkat desa dan BPD menerima informasi dan perbandingan dengan desa lainnya,” kata Anshar Ilo yang menjadi Instruktur/Pemateri Utama didampingi Kordinator PengKajian Keuangan Dan Otonomi Daerah (PK-OTDA) Rina Gusnainy, SE, Akp melalui rilisnya, Rabu (20/11/2019).

Kata Anshar Ilo kegiatan Bimtek ini merupakam upaya peningkatan kapasitas perangkat desa dan BPD. Dimana kegiatan ini adalah hak mutlak yang harus senantiasa dilaksanakan. Agar berbagai regulasi yang menjadi acuan haruslah selalu disosialisasikan dan dipahami sebagai acuan dalam setiap tugas, peran dan fungsi bagi setiap perangkat desa dan BPD.

“Sehubungan dengan pentingnya pemahaman mengenai hak-hak dan tugas perangkat desa, maka perlu dilakukan pendalaman lebih lanjut dalam bentuk bimbingan teknis,” tandas Ansar Ilo.

Acara ini juga menghadirkan pemateri dari Kementerian Dalam Negeri Dirjen Bina Pemerintahan Desa, yang memaparkan konsep dan Ssstem perencanaan pemerintahan kecamatan dalam
pembangunan desa.

“Para peserta menerima pemaparan Permendagri No. 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Dana Desa, Penatausahaan Akuntansi, Pengawasan Pelaporan
Pertanggungjawaban Audit Pengelolaan Dana Desa dan BUMDES,” tambah Anshar Ilo.

Semua peserta katanya, juga membayar konstribusi biaya penyelenggaraan kegiatan ini dibebankan melalui kontribusi peserta. Dimana setiap peserta mendapatkan fasilitas penginapan, makan selama menginap, akomodasi transportasi ke tempat tujuan kunjungan lapangan, Sertifikat, Tas, Modul dan Kaos.

“Untuk informasi pendaftaran dapat menghubungi Sdr Muh. Yunus Arifuddin, HP : 0811 152 789, Tlp / Fax. (021) 29832608, Sdr. Raden Irmansyah, HP : 0823 0693 3134, Mappangara, HP : 0823 7420 1123. Untuk desa-desa yang ingin juga menyelenggarakan Bimtek bisa menghubungi kami,” pungkas Anshar Ilho. (red)

Loading...