Petani Pessel Terima Bantuan Hand Tracktor Aspirasi Alex Indra Lukman

79

TOPIKINI – Empat kelompok tani di tiga nagari di kabupaten Pesisir Selatan, menerima bantuan alat & mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Keempat alsintan tersebut berupa hand tracktor, yang diserahkan melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan & Holtikultura kabupaten Pesisir Selatan, Rabu siang (2/1/2019).

Empat kelompok tani yang menerima yaitu Cempaka Putih Indah Bersaudara dan Semangat Tani nagari Pasar Baru kecamatan Bayang, kelompok tani Kampung Baru nagari Salido kecamatan Ampek Jurai dan kelompok tani Setia Budi nagari Punggasan Timur kecamatan Linggo Sari Baganti.

Hand Tracktor yang diterima kelompok tani tersebut dengan merek Yanmar type Singkal 8,5 HP. Keempat hand tracktor tersebut merupakan aspirasi dari H. Alex Indra Lukman, anggota fraksi PDI Perjuangan DPR RI dari Sumatera Barat.

Loading...

Kabid Prasarana Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura, Yuskardi mengatakan, bahwa bantuan berupa hand tracktor ini merupakan jerih payah wakil rakyat memperjuangkan hingga bisa dinikmati oleh petani di Pesisir Selatan.

“Barang ini sudah susah payah diusulkan oleh bapak-bapak kita di pusat, jangan sampai menjadi sia-sia, harus dirawat baik-baik dan dimanfaatkan sebaik-baiknya, jika tidak nanti akan kami ambil lagi,” kata Yuskardi saat serah terima bantuan tersebut di perkarangan kantor Dinas Pertanian di Painan.

Selain itu, Yuskardi menambahkan bahwa kelompok tani penerima bantuan, memang betul-betul sesuai dengan peruntukannya, jangan sampai disalah gunakan.

“Nanti bulan April akan ada pengecekan oleh tim dari pusat, dan alat ini mesti ada di tempat sebagaimana mestinya, jangan sampai disalahgunakan oleh orang lain yang bukan kelompok penerima hari ini,” tambahnya.

Salah seorang ketua kelompok penerima hand tracktor, Muslim Damis, mengaku memiliki lahan kelompok seluas 30 hektar. Ia bersama anggota kelompoknya berjanji akan menjalankan amanah yang diterimanya.

“Insya Allah kami akan merwat dan memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya. Dan nanti akan kami rapatkan bagaimana teknisnya,” ucap Muslim.

Sementara itu, wali nagari Pasar Baru, Evon Riadi mengatakan, sangat berterimakasih kepada bapak Alex Indra Lukman, yang sudah menyalurkan aspirasinya kepada warga Pasar Baru.

“Kami sangat berterimakasih sekali kepada pak Alex karena sudah mau membantu kelompok tani kami. Mudah mudahan ini bisa meningkatkan produktifitas para petani kami di Pasar Baru,” ucapnya.

Bantuan keempat hand tracktor ini tak lepas juga dari usaha Dedi Wahyudi dan Aprianto, kader PDI Perjuangan di Pesisir Selatan yang sudah menyampaikan usulan ini kepada Alex Indra Lukman, pimpinan fraksi PDI Perjuangan DPR RI sejak beberapa bulan lalu. (art)