Persiapan Operasi ketupat 2018, 4 Potensi Kerawanan ini Harus Diwaspadai

TOPIKINI.COM – Operasi ketupat tahun 2018 di kabupaten Dharmasraya di gelar di halaman Kantor Bupati Dharmasraya. Sutan Riska Tuanku Kerajaan pimpin langsung upacara operasi ketupat tahun 2018 yang dipusatkan di halaman kantor Bupati Dharmasraya, Rabu (6/6).

Upacara ini juga dihadiri Kapolres Dharmasraya AKBP Rudy Yulianto, Pabung Kodim 0310/SSD Mayor Heru dan para SKPD serta para undangan.

Bupati saat membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Polisi M.Tito Karnavian menyampaikan bahwa operasi ini berlangsung selama 18 hari, dari tanggung 7-24 Juni 2018.

“Rencana operasi disusun melalui serangkaian evaluasi terhadap pelaksanaan Operasi Ramadniya pada tahun 2017. Disertai analisa potensi gangguan kamtibmas di tahun 2018. Sehingga pada pelaksanaan operasi tahun ini, setidaknya terdapat 4 potensi kerawanan yang harus diwaspadai bersama,” ujar bupati.

Dikatakan Kapolri, lanjut Bupati, Potensi kerawanan pertama adalah stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan. Pada tahun 2017 secara umum stabilitas harga pangan dapat terjaga dan tidak terjadi kelangkaan bahan pangan.

“Hal itu dapat diwujudkan berkat kerjasama dari semua instansi terkait seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Bulog, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), maupun Satgas Pangan Polri Potensi kerawanan kedua,” lanjut Bupati.

Kemudian permsalahan berikutnya yaitu kelancaran dan keselamatan arus mudik dan arus balik yang mesti diwaspadai dan diantisipasi.

Sementara itu Kepala Satuan Lalulintas Polres Dharmasraya, Iptu Amirwan mengatakan “Jaga keselamatan dalam Mudik dan balik mendatang, karena pada tahun ini akan meningkat para pemudik kerena bertepatan dengan hari libur yang cukup panjang,”

Untuk polres Dharmasraya ada tiga Pos Simpatik Ketupat 2018 yang telah disediakan antaranya di daerah Sialang Kecamatan Pulau Punjung, Kemudian Daerah Gunung Medan setalah itu di daerah Sungai Rumbai dekat perbatasan dengan kabupaten Muaro Bungo.

“Kami menghimbau kepada pengguna kendararan kusus nya pemudik yang akan pulang kampung harus berhati hati di jalan utamakan keselamatan untuk menuju kampung halaman,” ucap kasat Lantas Polres Dharmasraya.(mas ex)

Loading...