Perjuangan Alex, Sumbar 1 dapat Alokasi Bedah Rumah Terbanyak se Indonesia

TOPIKINI – Anggota Komisi V DPR RI H. Alex Indra Lukman dari Fraksi PDI Perjuangan mengatakan, dapil Sumbar 1 adalah daerah terbanyak mendapat aspirasi program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR, atau yang lebih dikenal “bedah rumah”.

Hal itu disampaikan Alex saat menggelar sosialisasi kepada 635 kepala keluarga penerima BSPS termen 1 di Muaro Sijunjung, Jumat (05/04/2019). Menurut ketua DPD PDI Perjuangan Sumbar itu, dari 77 Daerah pemilihan di Indonesia yang memiliki perwakilan di Senayan, Dapil Sumbar 1 mendapat alokasi terbanyak yaitu 5000 unit.

“Dari 77 dapil di Indonesia memang Sumbar 1 yang paling banyak, dan Sijunjung mendapat alokasi 1005 unit termen satu 2019 ini,” ucap Alex saat menyampaikan sambutannya.

Para penerima bantuan akan mendapatkan anggaran masing-masing Rp 17,5 juta perunit, Rp 15 jt untuk bahan dan Rp 2,5 jt upah tukang.

“Anggaran sebanyak itu tentu saja tidak cukup, karena ini stimulan atau pendorong, jadi diharapkan gotong royong masyarakat untuk melengkapinya, jadi manfaatkanlah bantuan pemerintah ini sebaik-baiknya,” tambahnya.

Dari data pemda kabupaten Sijunjung, tahun 2018 ada sekitar 9000 rumah tidak layak huni di Sijunjung.

“Sejak 2018 sudah 2000 lebih kita perbaiki rumah masyarakat Sijunjung ini, dan kita targetkan kedepan angka 9000 itu akan menjadi nol, tentu butuh waktu, dan saya harapkan warga bersabar dan butuh dukungannya, ” tutup Alex.

Program BSPS adalah program Kementerian PUPR untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah yang tinggal di rumah tidak layak huni. Sebagai anggota Komisi V yang bermitra dengan Kementerian PUPR,H. Alex Indra Lukman punya andil besar dalam mengalokasikan anggaran tersebut ke daerah pemilihannya di Sumbar 1 yaitu (Padang, Kab Solok, kota Solok, Solok Selatan, Pesisir Selatan, Mentawai, Sawahlunto, Sijunjung, Dharmasraya, Tanah Datar dan Padang Panjang).

Loading...