Pendukung 2 Partai ini Paling Percaya Issu Kebangkitan PKI

220

TOPIKINI.COM – Hasil Lembaga Survey Saiful Mujani tentang issu kebangkitan PKI, bertujuan untuk mengetahui apakah opini itu dirasakan oleh masyarakat nasional pada umumnya?, apakah rakyat sekarang merasa terancam oleh PKI?, karena itu apakah secara politik isu kebangkitan PKI itu penting bagi kontestasi dalam demokrasi kita?.

Setelah pertanyaan tentang “Sekarang sedang terjadi kebangkitan PKI?” (baca: Saiful Mujani: Mayoritas Masyarakat Indonesia tak Percaya Issu Kebangkitan PKI) survey lebih dikerucutkan lagi kepada orang-orang yang percaya terhadap opini yang sedang marak dihembuskan itu.

Dari data yang dirilis Saiful Mujani, hasil survey yang dilakukan di 34 provinsi di tanah air sejak tanggal 3 September 2017 lalu, tercatat 37% yang percaya issu kebangkitan PKI adalah pemilih partai PKS. Peringkat kedua adalah Gerindra 20% pendukungnya meyakini issu kebangkitan PKI. Sisanya PAN 18%, Hanura 17%, PPP 16%, PKB dan PDIP masing-masing 11%, Demokrat 14% dan sisanya 17%.

Sumber: Saiful Mujani

Sedangkan berdasarkan pemilih pilpres 2014, pemilih Prabowo-Hatta percaya sebanyak 19%. Pemilih Jokowi-JK hanya 10%. Sisanya masing-masing 80% tidak percaya issu kebangkitan PKI.

Sumber: Saiful Mujani

Survey ini melibatkan 1057 responden, dengan margin of error 3,1 %. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Waktu pelaksanaan wawancara yaitu sejak tanggal 3 – 10 September 2017.

Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.(art) Sumber: Lembaga Survey Saiful Mujani

Loading...