Penderitaan Pegawai KPU Padang saat Lakukan Coklit Pilkada

43

TOPIKINI.COM – Anggota Komisi Pemilihan Umum (kpu) kota Padang, Sumatera Barat, melaksanakan kegiatan pencocokan dan penelitian atau coklik terhadap data para pemilih, hari sabtu (21/01/2018).

Suka-duka dialami petugas KPU karena mobil yang ditumpangi berulang kali mogok, sehingga harus didorong dulu agar bisa hidup.

Siapa Presiden & Wakil Presiden 2019 Pilihan Anda?

Terpaksa, para pegawai KPU Padang beramai-ramai mendorong mobil tersebut agar mesinnya bisa hidup kembali.

Usai melakukan pencocokan data di rumah warga, mobil  toyota kijang plat merah tersebut, kembali mogok. Terpaksa didorong lagi beramai-ramai.

Hal itu terjadi berulang-kali. Walau demikian, hal itu tidak menyurutkan semangat para petugas KPU Padang untuk melaksanakan coklik sesuai jadual yang ditentukan.

Kegiatan coklik ini dilakukan untuk memastikan warga kota Padang, terdata sesuai dengan Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk yang dimiliki mereka, untuk memperbaharui data pemilih pada pelaksanaan pemilihan walikota dan wakil walikota Padang pada 27 juni 2018 mendatang.

“Ini adalah kegiatan serentak nasional yang bertujuan untuk memutakhirkan data terbaru pemilih untuk pilkada juni mendatang,” kata Mahyudin, kepala divisi logistik KPU Padang.

Petugas KPU Padang melakukan pendataan secara sampling pada lima rumah penduduk, meliputi rumah tokoh masyarakat dan rumah warga biasa. Selanjutnya tugas coklik tersebut diserahkan kepada petugas pemutakhiran data pemilih atau PPDP,  untuk seluruh warga kota Padang.

“Saya senang adanya coklit sehingga warga semuanya bisa terdata dan bisa melaksanakan haknya memilih pada pilkada serentak tgl 27 juni 201mendatang,” ucap Herman Nawas, tokoh masyarakat kota Padang.

Berdasarkan data lama pada pilgub tahun 2015 lalu, tercatat ada 548.213 pemilih. Diperkirakan jumlah ini mengalami peningkatan berdasarkan penambahan jumlah pemilih pemula.

Pada pilkada kota Padang nanti, diikuti oleh dua pasangan yaitu Mahyeldi-Hendri Septa dan pasangan Emzalmi-Desri Ayunda. (Dio)

Loading...