Pemilu di Kuranji, Mantan Kabag Umum Unand Terpilih jadi Ketua RW

142

TOPIKINI – Mantan Kepala Bagian Umum Rektorat Universitas Andalas (Unand) Kota Padang, Sumatra Barat, Amri SE MM, terpilih menjadi Ketua Rukun Warga (RW) 10, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatra Barat. Menurut Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Yasdi, pemilihan ini cukup demokratis, jujur dan adil, serta mengacu kepada Perda Nomor 09 Tahun 2017.

Proses pemilihan Ketua RW ini berlangsung di pekarangan Mesjid Assakinah, Perumahan Belimbing, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatra Barat, Sabtu (29/12/2018) pagi.

Seluruh tahapan pemilihan berjalan lancar, demokratis, jujur dan adil. Pemilihan ini seperti Pemilihan Umum (Pemilu) legilatif.

Masing-masing warga memilih satu dari empat calon yang menjadi kandidat. Masing-masing, Amri dari Rt 04, Aprimensyah dari Rt 01, Edwin Muasri dari Rt 03 dan Kurnia Hanafi dari Rt 05.

Warga menggunakan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disediakan paniti pelaksana. Mereka mencoblos satu diantara yang empat dan langsung memasukkan hak suaranya ke kotak suara yang terbuat dari kardus.

Hasil pemilihan, Amri mengungguli dari tiga calon lainnya. Amri mengantongi 30 dari 69 Daftar Pemilih Tetap (DPT). Menyusul, Aprimensyah 16 suara, Kurnia Hanafi 14 suara dan Edwin Muasri 7 suara. Dua suara tidak sah karena dicoblos warga di dua calon berbeda dalam satu surat suara.

Amri, yang menjabat Koordinator bus kampus, keamanan dan lingkungan Unand ini diangkat menjadi Ketua RW 10 periode 2019-2021 (tiga tahun).

Menurut Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Yasdi, pemilihan Ketua RW 10 mengacu kepada Perda Kota Padang No 09 Tahun 2017.

Para kandidat akan memperebutkan suara pemilih yang berjumlah 69 pemilih. “Mereka ini 10 persen perwakilan dari jumlah Kepala Keluarga (KK) di RW 10 yang berjumlah 682 KK,” ujar Yasdi didampingi Sekretaris Pansel .

Penetapan 10 persen suara yang akan memilih ini sudah kesekapatan tokoh-tokoh masyarakat setempat tanggal 16 Desember 2018 lalu.

“Dengan terpilihnya Amri sebagai Ketua RW, maka warga Mangga Perumahan Belimbing sudah memiliki Ketua RW 10 defenitif. Hasil Pemilihan ini akan diserahkan ke Rumah untuk segera dilantik,” ujar Yasdi.

Sosok Amri

Sosok Amri tidak asing lagi bagi warga Mangga Perumahan Belimbing, Kelurahan Kuranji, Kota Padang, Sumatra Barat. Dia tokoh, orangnya ramah dan suka menyapa warganya. Setiap kali ada perlehatan dan musibah, pelaksana tugas RW 10 ini, selalu menunjukkan diri.

“Pak Am (panggilan Amri) memang orangnya baik dan disukai warga,” ujar Bonar Harahap, warga Mangga V Perumahan Belimbing.

“Siapa yang terpilih yang penting bisa mengayomi dan melayani masyarakat khususnya di di Blok F RW 10, selamat kepada saudara Amri sebagai Ketua RW 10 semoga amanah Aammiinn,” ujar Buya, warga Blok F.

Bonar berharap, Amri bisa mengayomi warga RW 10 yang berjumlah 7 Rukun Tetangga (RT) atau 682 Kepala Keluarga (KK). Putra kelahiran Kabupaten Pasaman tanggal 8 Agustus 1960 ini dinilai bisa mengemban Ketua RW.

Amri tinggal di Perumahan Belimbing sejak tahun 2000 ini menjabat sebagai Ketua Rt 04 dan pernah Sekretaris RW 10. Amri Purnabhakti dari PNS di Universitas Andalas tanggal 1 September 2018.(rel)

Loading...