Pemasangan Jembatan Darurat Kayu Tanam Memakan Waktu Lima Hari

170

TOPIKINI.COM – Perakitan jembatan darurat di lokasi putusnya jembatan jalur Padang – Pekanbaru di Kayu Tanam kabupaten Padang Pariaman, mulai dikerjakan. Setidaknya membutuhkan waktu empat sampai lima hari untuk merakit jembatan hingga bisa dilewati kendaraan.

Proses perakitan jembatan panel yang di kerjakan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 3 Kementrian PUPR, dimulai sejak Selasa malam (12/12/2018). Hingga Rabu pagi, baru dua rangkaian yang selesai dari 10 rangkaian jembatan yang akan dipasang.

Menurut informasi yang dihimpun Topikini di lapangan, pekerja memerlukan waktu empat hingga lima hari, untuk menyiapkan jembatan panel sepanjang 30 meter ini, agar bisa dilewati kendaraan.

Maksimal beban jembatan ini diperkirakan hanya 20 ton. Bisa dilalui oleh kendaraan roda empat dan roda enam jenis colt diesel. Sementara truk dengan beban berat, belum bisa melewatinya.

Menurut Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional Wilayah 3 Aidil Fikri, sebelumnya ditargetkan pemasangan jembatan darurat bisa dilalui Rabu pagi. Namun sepertinya target tersebut tidak bisa dicapai.

Saat ini, jalur yang menghubungkan kota Padang dengan kota Bukittinggi hingga ke Pekanbaru Riau ini, hanya bisa dilewati kendaraan roda dua melalui jembatan darurat yang dibangun warga. Untuk kendaraan roda empat harus melewati jalur alternatif ke Sicincin Malalak, atau lewat Solok.(art)

Loading...