PDUI Komisariat Jakarta Timur Gelar Baksos Makan Sehat Murah dan Pembagian Vitamin Imunitas

22
Baksos PDUI Komisariat Jakarta Timur.

Jakarta – Persatuan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Komisariat Jakarta Timur menggelar ‘Baksos Makan Sehat Murah dan Pembagian Vitamin Imunitas di Tengah Pandemi Covid-19’. Adapun lokasi baksos berada di 5 titik di Jakarta Timur agar bisa membantu pemerintah dan bisa meringankan beban masyarakat.

Hal ini disampaikan dr. Asri Badarudin Ketua Komisariat PDUI Jakarta Timur saat diwawancarai, Kamis (17/12/2020) di Jakarta.

“Situasi Pandemi COVID19 saat Ini bukan hanya bedampak persoalan kesehatan, namun juga berdampak pada terganggunya perekonomian masyarakat. Angka kesakitan begitu tinggi. Tanggal 3 Desember yang lalu,  angka kasus baru perhari di Indonesia telah tembus 8000, hal ini menunjukan bahwa penyebaran Covid-19 semakin masif dan meluas,” ujarnya.

Menurut dr. Asri sapaan akrabnya, tidak sedikit masyarakat yang tidak dapat bekerja, sementara mereka tetap butuh makan untuk mereka dan keluarga mereka. Selain itu banyak juga pelaku UMKM yang pendapatan-nya menurun oleh karena situasi ini.

“Oleh karena itu hari ini tanggal 1 November 2020 yang lalu, PDUI Komisariat Jakarta Timur melaksanakan program Pengurus Pusat Dokter Umum Indonesia (PP PDUI) melaksanakan Baksos bagi masyarakat yang kurang mampu dan terdampak covid-19. Dimana berupa makan sehat dan murah di tempat makan UMKM di wilayah administrsi Jakarta Timur,” jelasnya.

Kata dr Asri, kegiatan ini juga mendapatkan respon yang baik bagi masyarakat yang menikmatinya, untuk itu PP PDUI melalui PDUI Komisariat Jakarta Timur Kembali melaksanakan Baksos Makan siang sehat dan murah di 5 titik daerah kelurahan di Jakarta Timur. Yaitu di Lubang Buaya, Ciracas, Kebon Pala, Kebon Sari, dan Jatinegara.

“Tujuan kegiatan ini dapat membantu masyarakat yang kurang mampu agar mendapatkan makanan yang sehat dan murah, serta UMKM warung tegal (Warteg) yang bekerjasama juga mendapatkan keuntungan ditengah situasi ekonomi yang sedang sulit ini. Kenapa tidak gratis? Karena kita juga ingin mendidik masyarakat untuk tetap berjuang ditengah situasi yang sulit ini,” terangnya.

Adapun acara baksos ini sebagai bukti kepedulian dari Perhimpunan Dokter Umum Indonesia bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya ditengah situasi sulit akibat Pandemi Covid-19 ini. Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PP PDUI) yang diwakili dr Imelda D latau melalui PDUI Komisariat Jakarta Timur yang diketuai dr Asri Badarudin dan Penanggung jawab baksos MAKAN SEHAT dan MURAH ( Rp.2000,- ) dr Deiby Y. Kotambunan.

Adapun para PIC di 5 titik daerah baksos yaitu, dr Deiby Y. Kotambunan, dr Sri Nurhayatie, dr Susidawati, dr Paula Kotambunan, dan dr Yose Rizal. Kegiatan ini mendapatkan dukungan juga dari beberapa vendor Kesehatan seperti SMBC group, Le Minerale dan Mecosin (Laserin, Mecovit) dan bekerjasama dengan ketua RT dan RW setempat serta rekan-rekan dari Karang Taruna.

Semua acara terlaksana di rancang oleh dr Yulius Sumarli SH dan diimplentasikan Koordinator Lapangan dr Mesati M. Gulo.

Terakhir kata dr Asri, PDUI Komisariat Jakarta Timur berbela sungkawa untuk rekan-rekan tenaga medis dokter yang gugur dalam menjalankan tugas pengabdiannya. Berdasarkan data angka kematian tenaga medis telah menembus angka 196 orang, dimana sebagian besar adalah dokter umum.

“Hal ini menjadi kekuatiran dan keprihatinan kita berlrsama di tengah duka cita mendalam dan perjuangan para dokter. PP PDUI melalui PDUI Komisariat Jakarta Timur berkomitmen mengabdi kepada masyarakat meskipun kecil tetapi berdampak luas agar masyarakat semangat dan optimis menghadapi pandemi ini,” tandasnya.

Ia mengatakan, untuk itu masyarakat diharapkan tetap komitmen dan konsisten menjalankan 3 M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak termasuk menghindari keramaian dan kerumunan. Besar harapan kami bahwa kegiatan ini dapat bermanfaat dan dapat dilaksanakan berkelanjutan di tempat-tempat lain.

“Kami juga mengundang semua pihak untuk bersama-sama PP PDUI melalui PDUI Komisariat Jakarta Timur untuk membantu sesama yang membutuhkan. Semoga ini juga membantu untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia untuk mencapai cita-cita bangsa Indonesia keadilan sosial,” pungkas dr. Asri Badarudin. (red)

Penulis: RB. Syafrudin Budiman SIP

Loading...