Pasca Banjir Bandang Solok, Warga Kesulitan Air Bersih

31

TOPIKINI.COM – Pasca banjir bandang yang melanda kenagarian Guguk Sarai kecamatan IX Koto Sungai Lasi, kabupaten Solok , Minggu dini hari kemaren, warga mulai keluhkan kesehatan serta kesulitan air bersih. Tim medis dan mobil tangki, dikerahkan melayani korban banjir.

Senin pagi (11/12/2017), warga korban banjir bandang mulai mengeluhkan kesehatan mereka. Warga mendatangi posko kesehatan untuk memeriksakan kesehatan mereka.

Menurut petugas medis, kebanyakan keluhan kesehatan yang dialami warga pasca banjir bandang tersebut berupa luka-luka kecil dikaki dan tangan. Luka-luka ini mereka dapatkan lantaran saat menyelamatkan diri maupun saat membersihkan lokasi banjir dari rumah-rumah mereka.

“Kebanyakan luka-luka kecil dikaki dan tangan, mungkin saat menyelamatkan diri atau membersihkan rumah mereka. Sejak tadi sudah ada 15 orang yang memeriksakan kesehatan kesini,” kata Rida, kepala puskesmas Sungai Lasi.

Selain layanan kesehatan , korban banjir juga mengeluhkan ketiadaan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini disebabkan air disumur-sumur warga tidak dapat dimamfaatkan karena dipenuhi lumpur. Pihak PDAM setempatpun telah menyalurkan air bersih dengan menggunakan mobil tangki air.

“Air sumur keruh dan berlumpur, bagaimana untuk kebutuhan minum, cuma ini yang kami harapkan. Selain air bersih, kami juga butuh bahan makanan,” ucap Darmis , salah seorang warga korban banjir.

Data terakhir yang dihimpun topikini.com, sebanyak 112 buah rumah warga di jorong Guguk Pila kenagarian Guguk Sarai ini terendam air bercampur lumpur. Banjir ini terjadi akibat meluapnya sungai talang, karna hujan lebat yang mengguyur daerah itu.(Garnadi)

Loading...